Penulis: Tia | Editor: Ria

Kelezatan daging ikan bandeng memang tidak perlu diragukan lagi. Dagingnya yang lembut, tebal, dan juga gurih, membuatnya mudah diolah menjadi berbagai masakan. Namun, ada 1 permasalahan yang membuat banyak orang malas mengolah ikan bandeng sendiri, yaitu durinya yang banyak sekali.

Dalam 1 ekor ikan bandeng, setidaknya terdapat 70 pasang duri. Baik duri besar, maupun duri halus. Duri-duri ini harus benar-benar disingkirkan, terutama jika anda ingin membuat bandeng bakar utuh, fillet bandeng goreng tepung, nugget bandeng, atau sate bandeng khas Banten.

1. Bersihkan sisiknya terlebih dahulu

Membersihkan sisik bandeng harus dilakukan pertama kali. Karena kalau dilakukan nanti setelah duri tercabut, sisik akan jauh lebih sulit untuk dibersihkan. Daging ikan bandeng pun jadi rawan rusak.

Untuk membersihkan sisik, gunakan pisau yang cukup tajam. Kemudian, gosok searah dari ekor ke kepala. Lakukan berulang-ulang sampai kedua sisi badan ikan bersih dari sisik.

Coba: Resep Bandeng Bakar

2. Belah melebar ikan bandeng dari pangkal ekor, punggung, hingga kepala

Setelah bersih dari sisik, ikan bandeng dibelah secara melebar dan tidak putus, seperti kupu-kupu. Membelahnya tidak boleh asal, lho. Harus dimulai dari pangkal ekor dan dilanjutkan dengan menyayat bagian punggung hingga kepala.

Saat menyayat bagian punggung ikan bandeng, anda perlu berhati-hati. Jangan menusuk dan menyayatnya terlalu dalam, karena nanti tulang punggung ikan bandeng bisa terpotong. Sayat tipis saja dengan ujung mata pisau, yang penting ikan bandeng terbelah secara melebar.

Coba: Resep Semur Bandeng

3. Buang isi perut bandeng dan cuci hingga bersih

Menghilangkan duri pada ikan bandeng akan sulit dilakukan bila ikan tidak dalam keadaan bersih. Maka dari itu, setelah berhasil terbelah, buang isi perut ikan bandeng berserta kotoran dan insangnya. Kemudian, cuci ikan bandeng dengan air mengalir kecil untuk membersihkan sisa-sisa darah atau lendir yang masih melekat.

Coba: Resep Ikan Bandeng Acar Kuning

4. Patahkan tulang belakang pada bagian ekor dan tarik ke arah kepala

Proses menghilangkan duri pada ikan bandeng dimulai dari tulang belakangnya. Pada tulang punggung ini, sudah ada menempel sekitar 42 duri ikan bandeng. Patahkan ujung tulang belakang yang terletak pada bagian ekor. Kemudian, tarik tulang belakang tersebut ke arah kepala ikan.

Saat menarik tulang punggung, tekan daging ikan dengan tangan anda supaya tidak ikut terangkat. Pastikan daging ikan bandeng tidak ikut terangkat dan menjadi hancur, ya.

Coba: Resep Ikan Bandeng Presto

5. Cabut sisa-sisa duri dengan menggunakan pinset

Duri-duri besar ikan bandeng sudah terangkat dan terbuang bersama tulang belakang. Sisanya, tinggal duri-duri halus saja. Namun, jumlah duri halus ini masih cukup banyak, sekitar 40 pasang, saling terpisah dan menempel pada daging ikan. Jadi, untuk menghilangkan duri-duri halus tersebut, anda harus menggunakan alat bantu seperti pinset.

Ke-40 pasang duri ini terletak di bagian perut sebanyak 16 pasang, di dekat kepala 12 pasang, dan di dekat ekor 12 pasang. Cabuti duri satu per satu menggunakan pinset. Pastikan anda menekan perlahan daging ikan saat mencabut duri supaya tidak ada yang ikut terangkat. Setelah duri di 3 bagian tersebut dicabut , tetap raba kembali daging ikan bandeng untuk memastikan tidak ada duri yang tertinggal.

Coba: Resep Palumara Bandeng

Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan ikan bandeng dari duri-durinya ini memang cukup lama, yaitu sekitar 30 menit per ekornya. Namun, kalau sudah terbiasa, dijamin 10 menit pun tidak sampai, deh!