Penulis: Tia | Editor: Ria

Sajian untuk Lebaran di setiap rumah memang berbeda-beda. Tapi, saya jamin sambal goreng ati pasti selalu ada. Kalau di rumah saya, sambal goreng ati pedas ini selalu ada untuk dijadikan penyeimbang sajian Lebaran lainnya yang gurih dan berkuah santan.

Kata ibu saya, membuat sambal goreng ati itu lebih mudah dari membuat opor. Tahapannya lebih singkat dan bumbunya juga lebih sederhana. Jadi bagi yang masih pemula di urusan memasak, tidak perlu takut gagal untuk mencobanya.

Coba: Resep Sambal Goreng Hati Sapi

1. Pilihlah hati sapi yang masih segar

Sambal goreng ati akan terasa lezat kalau hati sapi yang digunakan masih segar. Pilihlah hati sapi yang berwarna merah gelap dan merata serta memiliki bau yang tidak terlalu anyir. Selain itu, coba juga meraba permukaan hati sapi. Kalau mulus tanpa benjolan atau gumpalan, tandanya hati sapi tersebut masih segar dan bisa anda beli tanpa ragu.

Baca juga: 4 Tips Memilih dan Mengolah Hati Sapi Agar Empuk & Tidak Berbau Anyir

2. Cuci hati sapi dan rebus untuk menghilangkan bau anyir

Di permukaan hati sapi, seringkali masih ada sisa-sisa darah yang menempel. Supaya tidak tercampur ke makanan, cuci hati sapi terlebih dahulu sampai bersih sebelum dimasak. Mencucinya cukup sebentar saja di bawah air mengalir, agar hati sapi tidak hancur.

Setelah dicuci, rebus hati sapi dengan daun salam, jahe, dan daun jeruk untuk menghilangkan bau anyir yang tidak sedap. Rebus hati sapi hanya sampai setengah matang saja. Kira-kira sekitar 8-10 menit atau sampai warnanya merubah menjadi merah muda. Tiriskan hati sapi, biarkan dingin, dan kemudian potong dadu supaya cepat matang.

Baca juga: Tips Mengolah Ati Ampela Agar Empuk & Tidak Amis

3. Haluskan bumbu untuk sambal goreng dan tumis sampai harum

Untuk membuat sambal goreng, bumbu-bumbu yang anda butuhkan antara lain adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah besar yang dibuang bijinya, kemiri sangrai, terasi, serta garam dan gula merah. Seluruh bumbu ini kemudian dihaluskan; anda bisa menggunakan ulekan atau blender untuk hasil yang lebih lembut. Setelah itu, tumis bumbu sambal goreng dengan sedikit minyak sampai keluar aroma harumnya.

Coba: Resep Sambal Goreng Ati Ampela

4. Tuangkan santan; masak hingga mendidih

Kalau ingin sambal goreng ati buatan anda terasa gurih dan kaya rasa, jangan lupa untuk menggunakan santan. Tuangkan santan ke dalam tumisan bumbu yang sudah harum, kemudian masak hingga mendidih.

Santan ini harus dimasukkan sebelum hati sapi, ya. Sebab, jika dimasukkan duluan, hati sapi akan menjadi terlalu matang dan berterkstur keras karena proses pemasakan yang lebih lama.

Baca juga: Tips Menyimpan Santan Agar Awet

5. Masukkan hati sapi, lalu masak dalam santan sampai kuah meresap

Setelah santan mendidih, masukkan potongan hati sapi ke dalam kuah santan. Aduk masakan sesekali saja hanya untuk meratakan hati sapi supaya terkena bumbu secara merata. Masak hingga kuah santan sudah meresap sempurna.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Santan Pecah

6. Tambahkan irisan cabai merah besar jika suka

Kalau kuah sudah meresap, matikan api dan aduk sambal goreng sekali lagi untuk meratakan bumbunya. Tuangkan ke piring saji dan sambal goreng ati sudah siap disantap. Jika anda ingin mendapatkan rasa pedas yang lebih mantap, tambahkan irisan cabai merah besar saat memasak sambal goreng ati.

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Panas dan Pedas di Tangan Akibat Cabai

Membuat sajian istimewa Lebaran ini tidak sulit ternyata. Kuncinya adalah penggunaan bahan-bahan yang segar, mulai dari hati sapi, cabai merah, bawang, hingga santan. Jangan lupa menyantapnya dengan lontong atau ketupat, ya!