Penulis: Tia | Editor: Ria

Sewaktu masih jadi anak kost dulu, rice cooker adalah salah satu barang berharga yang saya punya. Awalnya, saya memanfaatkan rice cooker untuk menghemat biaya beli nasi di warung saja. Tapi berhubung di rumah kost tidak ada dapur, saya iseng coba-coba memasak dengan rice cooker. Dan ternyata rice cooker bisa untuk masak selain nasi, lho!

Untuk anda yang masih tinggal di rumah kost atau ingin memasak tapi kompor penuh, rice cooker bisa selalu jadi penyelamat. Karena selain memasak nasi, rice cooker juga bisa dimanfaatkan untuk memasak berbagai makanan. Rice cooker yang serba bisa ini pun harganya sangat terjangkau. Contohnya Cosmos CRJ-3302 Rice Cooker (lihat di Lazada) yang harganya Rp 280.000an saja, dengan desain cantik dan bahan anti lengket yang bebas PFOA.

(Image: Lazada)

Baca juga: 3 Jenis Rice Cooker dengan Aneka Fungsi Sesuai Kebutuhan dan Budget

1. Merebus mie instan

Anda yang masih jadi anak kostan, pasti paham sekali dengan fungsi lain dari rice cooker ini. Ya, bisa untuk merebus mie instan! Walaupun tidak menggunakan kompor, tapi cara memasak mie instan di rice cooker ini sama saja, kok. Isi panci rice cooker dengan air secukupnya, tekan tombol ‘cook’, dan biarkan hingga mendidih. Kemudian, masukkan mie instan dan masak mie sampai matang.

Perlu diingat, karena panasnya berasal dari listrik, proses memasak mie instan ini agak sedikit lebih lama daripada kalau menggunakan kompor. Kalau biasanya hanya 6 menit, menggunakan rice cooker kira-kira jadi sekitar 8 menit.

Baca juga: 6 Tips Konsumsi Mie Instan Supaya Lebih Sehat & Bergizi

2. Membuat sup dan sayur berkuah

Tidak hanya bisa merebus mie instan saja, rice cooker juga dapat anda fungsikan untuk membuat sup dan sayur berkuah. Waktu memasaknya memang jadi sedikit lebih lama, namun hasil dan rasanya akan tetap sama enaknya dengan kalau menggunakan kompor. Sayuran yang dimasak pun juga tetap bisa empuk.

Untuk caranya, tidak jauh berbeda dengan merebus mie instan. Kuah kaldu didihkan dulu dengan menekan tombol ‘cook’. Kemudian, masukkan bumbu dan sayur satu per satu sesuai dengan urutan memasaknya: dari yang paling keras ke yang paling lunak dan cepat matang.

Coba: Resep Sup Jagung Kepiting

3. Membuat kue

Percaya atau tidak, rice cooker bisa anda gunakan untuk membuat kue, lho. Terutama kue bolu dan brownies. Panci rice cooker yang dilapisi bahan teflon berperan menjadi loyang atau cetakan kue, sedangkan rice cooker-nya sendiri berfungsi sebagai oven.

Adonan kue dibuat seperti biasa. Kalau adonan sudah jadi, tuang ke dalam panci rice cooker yang sudah diolesi margarin. Kemudian, masak deh hingga matang. Untuk kue bolu, matangnya sekitar 1 jam. Sementara brownies, perlu hingga 3x menekan tombol ‘cook’ untuk matang.

Ingat ya, jangan pakai panci rice cooker sebagai wadah mengocok. Sebab, nanti lapisan teflonnya bisa rusak.

Baca juga: 5 Olahan Kue yang Bisa Dibuat dengan Rice Cooker

4. Membuat nasi uduk dan nasi kuning

Bosan dengan nasi putih? Masak saja nasi uduk atau nasi kuning menggunakan rice cooker. Modalnya hanya cemplung-cemplung bumbu saja, tekan tombol ‘cook’, dan tunggu deh hingga matang.

Baik nasi uduk maupun nasi kuning, keduanya menggunakan santan sebagai pengganti air. Jadi, saat memasaknya di rice cooker, takaran santan disesuaikan saja dengan takaran air memasak nasi biasa. Kalau tombol ‘cook’ sudah berubah jadi ‘warm’, langsung aduk nasi sampai ke bagian bawah agar tidak gosong. Tunggu sekitar 10 menit sebelum disantap supaya nasi tanak.

Coba: Resep Nasi Kuning Komplit

5. Membuat jelly dan agar-agar

Kalau ingin membuat jelly atau agar-agar tapi tidak punya cetakan, anda bisa memanfaatkan rice cooker dan pancinya. Rebus air bersama bubuk jelly atau bubuk agar-agar hingga mendidih di rice cooker. Kemudian, keluarkan panci dari mesin rice cooker, lalu biarkan jelly atau agar-agar dingin dan set.

Panci rice cooker ini bisa langsung anda gunakan untuk memasak jelly dan agar-agar, sekaligus menjadi cetakannya. Jadi, praktis kan hanya sekali kerja saja untuk membuatnya?

Baca juga: 5 Tips Membuat Puding Sutra yang Super Lembut dan Halus

Selain kelima fungsi di atas, sebenarnya rice cooker juga bisa digunakan untuk menggoreng. Namun, untuk menggoreng di rice cooker ini anda akan butuh minyak yang cukup banyak, walaupun hanya menggoreng telur. Selain itu, panasnya minyak juga dapat merusak lapisan panci rice cooker. Jadi, untuk menggoreng, sebaiknya tetap gunakan kompor saja, ya.