Penulis: Tia | Editor: Ria

Kalau dilihat-lihat, sebagian alat masak yang ada di dapur saya terbuat dari bahan aluminium. Tidak heran sih, soalnya alat masak aluminium memang lebih mudah didapat dan harganya lebih terjangkau.

Tapi ternyata, alat masak berbahan aluminium ini mudah sekali berkarat. Jadi, walaupun murah dan mudah didapat, harus diberi perawatan khusus supaya awet dan tidak terus-terusa membeli karena rusak.

1. Cegah sisa makanan lengket dengan air mendidih dan cuka

Sisa makanan yang lengket merupakan salah satu alasan utama alat masak jadi tidak awet. Sisa makanan tersebut, kalau dibiarkan akan semakin susah dibersihkan dan akhirnya menjadi karat serta menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, cegah sisa makanan menjadi lengket sesegera mungkin pada alat masak aluminium.

Caranya, setelah digunakan, langsung tuang air mendidih ke atas atau dalam alat masak aluminium. Kemudian, berikan 1-2 tetes cuka, aduk, dan diamkan sekitar 10 menit. Bilas alat masak dengan air mengalir sambil digosok-gosok menggunakan sabut spons, supaya sisa makanan meluruh sempurna.

Baca juga: 5 Jenis Spons Dapur dan Kegunaannya

2. Jangan cuci alat masak aluminium dalam keadaan panas

Bahan aluminium terbilang cukup peka dengan perubahan suhu dan dapat mengakibatkan kerusakan pada permukaannya. Nah, setelah digunakan, suhu alat masak aluminium pasti masih cukup tinggi atau panas. Untuk itu, jangan langsung disiram apalagi dicuci dengan air keran yang dingin.

Tuangkan air panas atau hangat terlebih dahulu ke dalam alat masak aluminium dan berikan 1 tetes cuka. Tunggu hingga suhu alat masak aluminium turun dan mendingin, baru digosok dengan sabut spons dan dibilas sampai bersih.

Baca juga: 3 Tips Merawat Saringan Logam

3. Rawat dari karat secara rutin

Jika sering dipakai dalam waktu yang lama, alat masak aluminium biasanya akan mulai menghitam atau muncul karat. Supaya tetap bisa dipakai dengan baik, bagian hitam dan karat ini harus secara rutin dihilangkan.

Untuk bagian dalam panci dan wajan aluminium, caranya adalah rebus 1liter air bersama 1 sdt cream of tartar menggunakan panci atau wajan yang berkarat. Rebus sekitar 10 menit atau sampai permukaan alat masak menjadi lebih cerah. Setelah itu, matikan api, buang airnya, biarkan alat masak suhunya turun, baru dibilas dengan air.

Untuk bagian bawah panci dan wajan, anda dapat menaburkan garam ke bagian yang hitam serta berkarat, kemudian digosok dengan jeruk lemon. Bilas dengan air jika seluruh kotoran sudah meluruh.

Baca juga: 5 Tips Jitu Membersihkan Parutan Besi dengan Tuntas

4. Simpan di tempat bersih dan kering

Debu serta kondisi lembap dan pengap juga dapat berpengaruh dalam memperpendek usia alat masak aluminium. Untuk itu, pastikan alat-alat masak aluminium anda disimpan dalam tempat yang bersih, memiliki sirkulasi udara, dan juga kering. Sebelum disimpan, alat masak juga harus dicuci bersih lalu dikeringkan terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Tips Merawat Sendok dan Garpu Agar Bersih, Tahan Lama & Tidak Berkarat

Sebagian besar alat masak terbuat dari aluminium. Jadi, anda harus benar-benar tahu cara merawatnya dengan baik supaya alat-alat masak tersebut tidak cepat rusak. Kalau harus membeli yang baru, lumayan juga kan keluar uangnya?

4 Tips Merawat Alat Masak dari Aluminium Supaya Bersih & Awet
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)