Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Karbohidrat adalah sumber energi yang penting untuk tubuh. Bahkan karbohidrat adalah satu-satunya sumber gizi yang memberikan suplai energi ke otak. Oleh sebab itu, asupan karbohidrat yang seimbang dalam makanan sehati-hari sangatlah penting  dan tidak boleh dilupakan.

Bagi masyarakat Indonesia, sumber karbohidrat identik dengan nasi. Bahkan ada ungkapan lama bahwa ‘belum makan bila tak bertemu nasi’. Padahal ada banyak sekali sumber karbohidrat yang bisa dijumpai dan mudah dibeli di Indonesia, mulai dari bahan pangan lokal hingga produk industri.

1. Kentang

pastel tutup

Selain rasanya yang enak, ternyata kentang juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi, lho. Karena kentang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Asyiknya lagi, kentang bisa diolah menjadi aneka makanan lezat seperti mashed potatoes, baked potato dengan aneka topping, sup kentang, hingga potato balls.

Coba resep: Pastel Tutup Klasik

2. Jagung

jasuke hangat sedap

Siapa sih yang tidak suka jagung? Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah selalu menjadi favorit banyak orang. Apalagi jagung juga kaya akan karbohidrat yang memberikan efek kenyang. Selain itu, jagung mampu memberikan citarasa lezat meski diolah sederhana, seperti dikukus atau direbus saja. Apalagi jika ditambah susu kental manis dan keju. Hmm, juara!

Coba resep: Jasuke (Jagung-Susu-Keju)

3. Singkong

Ternyata, singkong juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi, lho. Selain mengandung karbohidrat, singkong juga tinggi serat, jadi sangat cocok dikonsumsi untuk sahur atau berbuka puasa. Singkong yang anda punya bisa diolah menjadi singkong rebus, singkong goreng, gethuk, tiwul, dan masih banyak lainnya.

Coba resep: Donat Singkong

4. Ubi

Timus Ubi Simpel

Selain singkong, ubi juga cocok dijadikan makanan pokok. Rasa ubi yang manis dengan tekstur yang pulen pasti tidak akan membosankan. Meski ubi sudah sangat enak hanya dengan direbus saja, tapi anda bisa berkreasi menjadi berbagai resep seperti klepon, bolu kukus ubi, dan bola-bola ubi,

Coba resep: Timus Ubi

5. Oatmeal

overnight oat simpel

Selama ini, oatmeal terkenal karena khasiatnya yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol. Enak dan mengenyangkan, sehat pula! Oatmeal bisa dinikmati dengan aneka topping seperti yogurt, irisan buah-buahan, kacang-kacangan, bahkan suwiran daging atau abon sesuai selera.

Coba resep: Overnight Oat

6. Pasta

Sup makaroni ayam gurih

Pasta tidak hanya bisa dinikmati saat dine-in atau jamuan istimewa. Anda bisa mengonsumsi pasta untuk menggantikan nasi sebagai makanan pokok selama ini. Jenis pasta pun beraneka ragam. Ada makaroni, spaghetti, fusilli, lasagna, dan lain sebagainya. Bahan pembuat pasta juga beragam, mulai dari tepung gandum hingga gandum utuh yang bisa anda pilih. Sudah terbayang kan, kenikmatan makan anda sehari-hari dengan pasta?

Coba resep: Sup Makaroni

Bulan puasa secara otomatis akan membatasi asupan makanan yang masuk. Oleh karena itu, kita harus selektif saat menyantap makanan. Selain sesuai selera, anda juga harus pertimbangkan manfaat dari kandungan gizinya. Tak terkecuali untuk makanan pokok atau sumber karbohidrat. Jika dalam satu porsi sajian karbo lain, anda bisa dapat kalori lebih rendah sekaligus serat dan protein yang lebih tinggi daripada nasi. Kenapa tidak dicoba?

6 Aneka Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Cocok Dikonsumsi Selama Bulan Puasa
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)