Penulis: Tia | Editor: Ria

Menu ayam dan citarasa pedas adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan dari santapan sehari-hari di Indonesia. Maka tak heran rasanya kalau ada banyak sekali olahan ayam pedas.

Harus diakui, perpaduan ayam dan citarasa pedas ini memang dahsyat dan menggugah selera makan. Apalagi kalau disantap dengan nasi hangat. Duh, jadi ingin segera menyantap olahan ayam pedas rasanya.

1. Ayam suwir pedas Bali

Sekilas, ayam suwir pedas Bali memang seperti ayam suwir biasa. Tapi, setelah disantap, pasti anda bisa merasakan bedanya. Ayam suwir pedas Bali ini dimasak dengan proses ditumis bersama bumbu-bumbu pedas, diberi tambahan santan, dan diungkep hingga matang. Jadi, tidak heran kalau ayam suwir pedas Bali memiliki citarasa yang lebih gurih dari ayam suwir kebanyakan.

Ayam suwir pedas Bali ini biasa dihidangkan sebagai lauk pada nasi campur Bali. Kalau anda paling malas berurusan dengan tulang belulang, ayam suwir pedas Bali cocok sekali sebagai pilihan lauk pedas.

Coba: Resep Ayam Suwir Pedas Bali

2. Ayam jerit

Ayam jerit ini mirip dengan ayam suwir pedas Bali bentuknya, karena sama-sama menggunakan daging ayam yang disuwir. Yang membedakan yaitu ayam harus diungkep dan digoreng terlebih dulu. Baru kemudian disuwir dan ditumis dengan racikan bumbu pedas. Selain itu, ayam jerit juga tidak menggunakan santan dan harus disantap dengan perasan air jeruk nipis. Sudah pedas, segar pula. Pas sekali untuk dijadikan hidangan santap siang.

Coba: Resep Ayam Jerit

3. Ayam geprek Jogja

Olahan ayam pedas satu ini lagi banyak digemari, nih. Ayam geprek khas Jogja memang beda dengan yang lain. Ayamnya digoreng dengan balutan tepung. Baru kemudian digeprek dengan sambal ulek. Jadi, tidak hanya pedas saja, tetapi juga anda bisa merasakan kerenyahan di setiap suapnya.

Perbedaan lainnya ada pada sambal ayam geprek Jogja. Kalau ayam geprek lain hanya cabai rawit dan bawang putih saja, ayam geprek Jogja ditambahkan terasi dan tomat sesuai selera. Terbayang kan sedapnya?

Coba: Resep Ayam Geprek Jogja

4. Ayam rica-rica

Dari berbagai bumbu pedas yang ada di Indonesia, rica-rica adalah salah satu yang paling populer dan digemari. Bumbu rica-rica berasal dari Manado dan bisa sekali diolah dengan berbagai bahan makanan, termasuk ayam. Yang membuat hidangan ini istimewa adalah proses memasak ayam yang langsung diungkep bersama bumbu rica-rica pedasnya. Belum lagi tambahan serai, daun jeruk, dan daun pandan. Pantas saja ya, rasa pedasnya benar-benar meresap hingga ke tulang dan aromanya sangat sedap.

Coba: Resep Ayam Rica-Rica

5. Ayam balado

Bicara mengenai sajian ayam pedas, belum lengkap kalau tidak menyebutkan ayam balado khas Minang. Ayam balado dibuat dari ayam yang diungkep bumbu sederhana, kemudian digoreng dan ditumis bersama bumbu balado pedas hingga meresap. Ciri khas dari olahan ayam ini adalah cabai pada bumbu balado hanya diulek kasar saja. Jadi, masih bisa terasa teksturnya. Selain itu, bumbu ayam balado juga bisa diolah dari cabai hijau untuk citarasa dan aroma yang berbeda.

Coba: Resep Ayam Balado

Masih bingung mau memilih olahan ayam pedas yang mana untuk santapan hari ini? Kalau saya sih sepertinya akan memilih ayam rica-rica karena ingin menyantap ayam yang pedasnya membakar hingga ke tulang!

5 Menu Ayam Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera Makan
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.7 (73.33%) 3 votes