Penulis: Tia | Editor: Ria

Jujur, pertama kali melihat sambal matah, saya tidak tertarik sama sekali untuk menyantapnya. Soalnya, menurut saya, sambal itu ya harus diulek, bukan cuman diiris. Tapi setelah saya mencobanya, sambal matah ini ternyata enak sekali. Rasanya sangat ringan, segar, dan bertekstur.

Sambal matah ini juga punya penampilan cantik yang berwarna-warni. Sehingga terkesan sulit untuk dibuat. Padahal, tidak juga lho. Tanpa perlu diulek, sambal ini sangat mudah dibuat untuk dibuat sendiri.

1. Iris tipis seluruh bahan-bahan sambal

Bahan-bahan dasar yang dibutuhkan hanya ada 4, yaitu bawang merah, cabai rawit, bagian putih serai, dan daun jeruk. Keempat bahan ini kemudian diiris tipis dan halus. Makanya, tidak heran kalau sambal matah jadi terlihat dibuat dari banyak bahan.

Baca juga: 5 Tips Mengupas Bawang Merah Tanpa Menangis

2. Campur bahan-bahan dalam mangkuk dan tambahkan terasi matang

Bahan-bahan yang sudah diiris tipis ini dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk ukuran sedang. Campur semua bahan hingga rata dengan menggunakan tangan. Setelah itu, tambahkan terasi matang dan aduk sambil sedikit diremas-remas supaya terasi tidak menggumpal.

Terasi ini memberikan rasa gurih dan sedap pada sambal matah. Cicipi sedikit sambal matah yang sudah dicampur terasi. Kalau rasa asinnya sudah pas, anda tidak perlu lagi menambahkan garam.

Baca juga: 6 Cara Memilih Terasi yang Baik

3. Panaskan minyak dan tuangkan ke sambal

Ada satu lagi bahan yang membuat sambal matah semakin lezat yaitu minyak. Minyak ini adalah minyak goreng biasa yang dipanaskan dengan api besar hingga tampak bergelembung, lalu dituang ke dalam campuran sambal. Selanjutnya, aduk rata sambal dan diamkan 10 menit supaya dingin.

Minyak panas akan mengeluarkan rasa gurih dan khas yang dimiliki oleh masing-masing bahan sambal. Jadi, sudah pasti membuat sambal matah tambah lezat, kan?

Baca juga: 4 Kesalahan Saat Memakai Minyak Zaitun

4. Beri air perasan jeruk limau

Selain pedas, ciri khas dari sambal matah adalah kesegarannya. Rasa segar ini didapatkan dari penggunaan bahan-bahan yang segar dan juga air perasan jeruk limau. Setelah sambal, terasi, dan minyak tercampur rata serta suhunya turun, beri air perasan jeruk limau secukupnya. Sekitar 1 sdt saja sudah cukup. Aduk kembali sambal hingga rata dan sambal matah pun sudah siap disantap.

Air perasan jeruk limau ini juga memberikan aroma yang wangi dan menambah rasa sedap dari sambal matah.

Baca juga: Apa Bedanya? Jeruk Limau, Jeruk Purut & Jeruk Nipis

5. Variasikan menjadi berbagai variasi masakan

Sambal matah sudah sangat terasa nikmat dijadikan sebagai sambal cocolan. Tapi, bukan tidak mungkin anda berkreasi lagi dengan sambal khas Bali ini. Ada berbagai makanan yang cocok dikreasikan dengan sambal matah:

Ayam sambal matah

Membuat ayam sambal matah ini sangat mudah. Kuncinya adalah ayam gorengnya tidak perlu terlalu banyak bumbu. Supaya citarasanya berpadu seimbang dengan sambal matah.

Ayam dilumuri dengan bawang putih halus, garam, lada bubuk, dan ketumbar bubuk. Lumuri merata dan tekan-tekan perlahan supaya bumbu menempel. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian goreng hingga matang. Siram ayam goreng dengan sambal matah dan santap dengan nasi putih hangat.

Coba: Resep Ayam Sambal Matah

Sambal matah kecombrang

Bunga kecombrang sudah dikenal sebagai bahan penyedap berbagai masakan, terutama untuk sambal. Jadi, tidak ada salahnya kan untuk menambah kesedapan sambal matah dengan campuran bunga kecombrang?

Pilih bunga kecombrang yang berwarna merah muda segar. Kemudian, iris tipis bunga kecombrang dan campurkan bersama bahan sambal matah lainnya. Aduk hingga rata dan sambal matah kecombrang sudah siap disantap.

Coba: Resep Sambal Matah Kecombrang

Ayam geprek sambal matah

Kata siapa ayam geprek hanya bisa dibuat dengan sambal bawang saja? Saat ini, sudah banyak sekali kreasi ayam geprek dengan sambal matah dan rasanya tidak kalah lezat. Cara membuatnya, goreng ayam dengan balutan tepung hingga matang. Buat 1 porsi sambal matah, kemudian bagi menjadi 2. Yang 1 untuk dihaluskan, yang 1 untuk taburan. Geprek ayam bersama sambal matah yang dihaluskan. Letakkan ayam geprek di piring dan taburi kembali dengan sambal matah untuk taburan.

Coba: Resep Ayam Geprek Jogja

Walaupun merupakan sambal khas Bali, tapi sambal matah ternyata sangat cocok dipadukan dengan makanan selain dari Bali. Seperti ikan bakar, ayam geprek, steak, salmon, bahkan hingga mie ayam. Jadi, tidak salah kan kalau kita sebut sambal sebagai pemersatu Indonesia?

Cara Membuat Sambal Matah dan Aneka Variasi Masakannya
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)