Penulis: Tia | Editor: Ria

Segala sesuatu yang dibakar dengan bumbu madu pasti sudah dijamin sedap. Tidak terkecuali ayam bakar. Bumbu ayam bakar madu begitu kental dan meresap. Rasanya pun sungguh legit dan gurih. Setiap saya menyantapnya, sudah pasti yang tersisa hanya tulang belulang saja.

Rasa ayam bakar madu yang selezat ini ternyata bisa dibuat dengan mudah, lho. Bumbu dan bahannya pun dijamin ada di rumah. Jadi, anda tidak perlu belanja-belanja lagi dan bisa membuatnya setiap saat.

Coba: Resep Ayam Bakar Madu

1. Potong ayam menjadi 8 hingga 12 bagian

Untuk membuat ayam bakar rumahan, sebaiknya ayam dipotong kecil-kecil supaya matangnya cepat dan merata. Termasuk membuat ayam bakar madu ini. Daging ayam utuh bisa anda potong menjadi 8 hingga 12 bagian, sesuai dengan kebutuhan. Lumuri dengan sedikit garam dan air perasan jeruk nipis, diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Baca juga: Tips Memotong Ayam Jadi 4, 8, dan 18 Bagian

2. Gunakan ketumbar dan haluskan bersama bumbu lainnya

Sambil menunggu ayam direndam dalam air jeruk nipis dan garam, anda bisa mulai membuat bumbu halus untuk ayam bakar madu ini. Bumbu yang anda butuhkan sederhana, yaitu bawang merah, bawang putih, dan merica. Tapi, untuk rasa yang spesial, gunakan juga ketumbar sebagai bumbu dasar ayam bakar madu. Keempat bumbu dasar ini kemudian anda ulek atau blender hingga halus.

Baca juga: Apa Bedanya? Lada vs Ketumbar

3. Tumis ayam bersama bumbu hingga berubah warna

Panaskan sedikit minyak dalam wajan yang cukup besar, setidaknya cukup untuk menampung seluruh potongan ayam. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan lengkuas, jahe, daun salam, dan serai untuk memperkuat aroma. Kemudian, masukkan potongan ayam. Aduk dan tumis bersama bumbu-bumbu tersebut hingga warnanya berubah kekuningan.

Baca juga: Apa Bedanya? Bumbu vs Rempah

4. Tambahkan air dan madu, lalu ungkep ayam hingga matang

Setelah ayam berubah warna, tambahkan sekitar 1 liter air ke dalam tumisan. Bumbui dengan madu, garam, air asam jawa, dan gula merah untuk memperkaya rasa. Aduk rata semuanya sampai gula merah dan madu terlarut dalam air. Kemudian tutup wajan dan ungkep ayam hingga matang serta teksturnya empuk.

Coba: Resep Pisang Goreng Madu

5. Buat bumbu olesan

Selagi ayam diungkep, anda bisa mulai mencicil membuat bumbu olesan untuk bakar-bakaran nanti. Bumbu olesan ini hanya butuh 3 bahan saja, yaitu margarin, kecap manis, dan madu, lalu aduk hingga rata. Takarannya, bisa disesuaikan sendiri dengan selera anda.

Baca juga: 3 Cara Membakar Jagung

6. Bakar ayam sambil sesekali dilumuri bumbu olesan

(Image: Lazada)

Ayam bakar madu ini memang lebih nikmat kalau dibakar menggunakan panggangan jepit dan di atas bara api atau kompor. Namun, kalau tidak punya, anda bisa tetap kok membakarnya di atas wajan teflon atau grill pan seperti Maxim Teflon Square Grill (lihat di Lazada). Grill pan ini dilapisi dengan Teflon Xtra 3 lapis yang bebas PFOA, sehingga aman digunakan. Ukuran Maxim Teflon Square Grill ini juga tidak terlalu kecil, maupun terlalu besar. Jadi, pas digunakan untuk membakar di atas kompor.

Bakar ayam di atas api kecil saja supaya kulitnya tidak cepat gosong. Sesekali lumuri ayam dengan bumbu olesan. Kalau kedua sisi ayam sudah matang, anda bisa segera menyajikannya.

Baca juga: 6 Cara Mudah Membuat Ayam Bakar Khas Padang

Ayam bakar madu memiliki dominan rasa yang manis. Supaya terasa lebih sedap dan segar, berikan air perasan jeruk nipis atau jeruk limau di atas ayam bakar madu ini, ya!

Membuat Ayam Bakar Madu yang Legit dalam 6 Langkah
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)