Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Meskipun saya selalu menyediakan aneka makanan modern untuk berbuka puasa, tapi saya tak pernah ketinggalan menyiapkan takjil khusus yang identik dengan bulan ramadan, yaitu kolak. Bagi saya sekeluarga, rasanya buka puasa kurang lengkap tanpa mencicipi kolak walau hanya sedikit.

Citarasa kolak memang sangat unik. Paduan antara bahan kolak dengan gula merah cair manis yang legit memang sulit ditolak. Belum lagi tambahan santan yang membuat rasa kolak menjadi semakin gurih. Tak heran jika sampai saat ini, kolak senantiasa jadi favorit mayoritas orang Indonesia untuk berbuka puasa. Apalagi ada banyak jenis kolak berikut ini.

1. Kolak pisang

Bisa dibilang, kolak pisang masih menjadi primadona saat bulan puasa. Bagaimana tidak, rasa pisang yang manis dan asam memang sangat pas disajikan bersama gula merah cair dan santan. apalagi jika kolak pisang ini disajikan dingin, rasanya pasti membuat ketagihan.

Coba resep: Kolak Pisang

2. Kolak ubi

Tak hanya pisang saja yang enak dijadikan kolak,  ubi juga bisa lho. Ubi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong, dimasak dengan gula merah, air, santan, dan garam. Rasa ubi yang manis dan lembut bisa membuat anda kembali bersemangat setelah lelah berpuasa seharian.

3. Kolak labu

Kolak labu praktis

Jika anda tak suka kolak yang terlalu manis, maka kolak labu adalah jawabannya. Cara membuat kolak labu ini sama saja dengan membuat kolak ubi. Hanya saja karena rasa labu cenderung tawar, jadi rasa manisnya pun tak sepekat kolak ubi.

Coba resep: Kolak Labu

4. Kolak kolang-kaling

Ternyata, kolang-kaling juga nikmat lho dijadikan kolak. Tekstur  kolang-kaling yang kenyal dan lembut akan sangat pas dipadukan dengan gula merah dan santan. Apalagi jika kolak ini disajikan dingin, rasanya satu mangkok saja tidak cukup deh.

5. Kolak candil ketan

Kolak lain yang bisa anda coba adalah kolak candil ketan. Kolak candil ketan terbuat dari adonan tepung ketan dan air yang dibentuk jadi bulatan-bulatan kecil, lalu dimasak bersama larutan gula merah. Agar lebih nikmat, siram dengan kuah santan sebelum disajikan. Rasa candil ketan yang kenyal sekaligus empuk dijamin bikin ketagihan.

Coba resep: Bubur Candil

6. Kolak biji salak

Biji salak empuk

Meskipun terdengar aneh, tapi kolak biji salak memang benar-benar ada, lho. Jangan bayangkan biji buah salak yang keras ya, karena sebenarnya kolak biji salak ini terbuat dari campuran ubi jalar dan tepung sagu yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan berukuran sedang. Disebut kolak biji salak karena sekilas bentuk bulatan ubi tersebut mirip dengan biji salak. Kolak biji salak ini memiliki rasa manis, legit, dan gurih, sehingga sangat cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Coba resep: Biji Salak

Itu dia jenis kolak yang bisa anda coba sebagai menu takjil saat bulan puasa. Masing-masing kolak tersebut memiliki citarasa khasnya masing-masing. Kolak apa yang jadi favorit anda?