Penulis: Tia | Editor: Ria

Ada satu makanan kekinian yang lagi sangat saya sukai, yaitu hotang alias hotdog kentang. Hotang ini merupakan sosis dalam tusukan sate yang dibalut adonan tepung dan ditempeli potongan french fries, kemudian digoreng. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya juga sangat enak, apalagi kalau dicocol ke mayones dan saus sambal.

Hotang ini sudah banyak sekali yang jual. Namun, kita tidak bisa tahu kualitas sosis dan french fries yang digunakan oleh penjualnya. Jadi, supaya lebih higienis dan sehat, bikin hotang sendiri saja, yuk!

Coba: Resep Hotang

1. Pastikan sosis tidak dalam keadaan beku

Sosis yang dipakai untuk membuat hotang tidak boleh dalam keadaan beku. Selain akan susah untuk ditusuk dengan tusuk sate, sosis juga tidak dapat matang sempurna saat digoreng nanti. Oleh karena itu, kalau sosis yang anda pakai masih beku, cairkan terlebih dulu dengan cara direndam dalam air panas atau bisa juga dengan direbus. Setelah melunak, keringkan sosis dengan tisu dapur dan tusuk dengan tusukan sate.

Baca juga: 10 Jenis Olahan Daging Dalam Kemasan di Indonesia

2. Potong french fries secara dadu 1×1 cm

Kentang yang digunakan sebagai ‘kulit’ dari hotang ini berasal dari french fries siap goreng. Supaya hotang terlihat cantik bentuknya dan seperti berduri saat matang nanti, potong-potonglah french fries secara dadu dengan ukuran 1×1 cm. Kemudian, taruh dan sisihkan pada piring lebar serta kering.

Coba: Resep Kentang Goreng (French Fries & Potato Wedges)

3. Aduk semua bahan pencelup hingga kental dan lengket

Bahan pencelup untuk hotang ini sangat sederhana dan mudah sekali didapat, yaitu tepung bumbu serbaguna, tepung terigu, tepung maizena, dan air matang. Seluruh bahan dicampur jadi satu, kemudian aduk-aduk perlahan hingga kental dan lengket saat disentuh.

Baca juga: Pilih Mana? Tepung Terigu vs Tepung Serbaguna

4. Gunakan gelas plastik berukuran tinggi sebagai wadah pencelup

(Image: Lazada)

Bahan pencelup kemudian dimasukkan ke dalam gelas plastik berukuran tinggi, yang volumenya sekitar 400-500ml, seperti Lion Star Lola Cup (lihat di Lazada) dengan volume 530ml. Sangat pas untuk menjadi wadah pencelup hotang. Penggunaan gelas plastik yang tinggi ini akan memudahkan anda dalam mencelupkan dan mengangkat sate sosis. Selain itu, bahan pencelup juga akan melapisi sosis secara lebih merata dan dengan ketebalan yang pas.

Baca juga: 7 Cara Usir Bau Tak Sedap & Lemak di Wadah Plastik Kotak Bekal

5. Celupkan sate sosis satu per satu

Untuk mendapatkan hotang yang cantik dan memiliki ketebalan kulit yang sama, jangan celupkan beberapa sate sosis secara sekaligus. Celupkan sate sosis satu per satu ke dalam wadah pencelup. Anda tidak perlu mencelupkan secara terus menerus seperti mencelupkan teh. Cukup sekali saja. Baru kalau dirasa ketebalannya kurang sesuai selera, celupkan sate sosis sekali lagi.

Baca juga: 3 Tips Membalut Bahan Makanan dengan Adonan Tepung Ketika Memasak

6. Pastikan french fries menutupi seluruh sosis

Setelah terlapisi bahan pencelup, segera gulingkan sate sosis ke atas potongan french fries. Tekan-tekan dan rapikan french fries yang sudah tertempel secara perlahan. Pastikan tidak ada bagian sosis yang ‘bolong’ alias tidak tertutupi french fries.

Kalau ada french fries yang terlepas, rekatkan kembali ke sate sosis. Caranya, cocolkan french fries tersebut ke dalam bahan pencelup, kemudian rekatkan sambil ditekan perlahan ke bagian yang masih bolong.

Baca juga: 8 Cara Membuat French Fries ala Restoran

7. Goreng dengan metode deep fry

Untuk menghasilkan hotang yang matang merata dan renyah, anda harus menggorengnya dengan metode deep fry. Siapkan minyak yang cukup banyak supaya hotang terendam, kemudian goreng dengan api kecil. Setelah seluruh permukaan hotang berwarna keemasan, segera angkat dan tiriskan.

Baca juga: 6 Tips Membuat Masakan Goreng Balut Tepung Agar Lebih Krispi

Hotang ini tidak hanya nikmat dijadikan camilan, tapi cukup mengenyangkan bila jadi makanan utama. Asalkan 2-3 tusuk sekali makan. Jangan lupakan mayones dan saus sambal sebagai cocolannya juga, ya!