Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Selain gula pasir yang kita kenal, ada pula brown sugar yang biasa digunakan dalam pembuatan kue, minuman, saus, dan masakan. Lantas apa bedanya dengan palm sugar atau gula aren? Selain dalam padatan, palm sugar juga banyak dijual dalam bentuk butiran kristal menyerupai pasir seperti brown sugar. Kenali yuk perbedaan keduanya di bawah ini.

1. Bahan Baku

Dari namanya saja, kita bisa tahu gula aren terbuat dari apa. Yup, gula aren terbuat dari nira pohon aren.

Brown sugar sebenarnya sama seperti gula pasir yang terbuat dari tebu. Hanya saja, brown sugar diberikan sirup molase sehingga warnanya menjadi coklat.

Baca juga: 17 Jenis Gula yang Harus Anda Tahu

2. Bentuk

Gula aren dapat berbentuk seperti gula jawa, yakni silinder maupun menyerupai setengah batok kelapa. Tapi di pasaran, banyak juga yang menjual gula aren dalam versi bubuk atau butiran kristal.

Brown sugar lazimnya hanya berbentuk butiran kristal atau pasir, menyerupai gula pasir pada umumnya.

Baca juga: Apa Bedanya? Gula Jawa vs Gula Aren

3. Warna

Meskipun gula aren dan brown sugar sama-sama coklat, keduanya punya perbedaan lho. Jika anda perhatikan, gula aren memiliki warna coklat yang pekat. Karena warnanya inilah, gula aren sering disebut sebagai gula semut.

Sementara itu, warna coklat pada brown sugar tidaklah sepekat gula aren. Tapi, brown sugar juga punya variasi warna. Yakni coklat terang hingga gelap.

4. Tekstur

Karena bentuknya ‘bergerindil’, gula aren memiliki tekstur kasar. Meskipun demikian, gula aren yang berbentuk padatan pun akan mudah untuk dihancurkan.

Tekstur pada brown sugar juga kasar. Bedanya, tekstur tersebut berasal dari bentuknya sendiri yang berbutir-butir.

5. Rasa dan aroma

Dibandingkan brown sugar, gula aren terasa lebih manis. Selain itu, gula aren juga memiliki aroma yang khas.

Meskipun tidak semanis gula aren, brown sugar terasa legit dan beraroma karamel yang khas.

6. Kegunaan

Penggunaan gula aren sering ditemukan pada berbagai makanan dan minuman tradisional. Sebut saja seperti gudeg, semur, ronde, dan es cendol. Selain itu, gula ini juga bisa lho dicampur dalam adonan kue. Namun khusus baking, gula aren yang biasa digunakan ialah yang berbentuk bubuk. Atau yang dimasak dan dilarutkan dulu dalam air.

Brown sugar juga lazim digunakan pada kue dan roti. Misalnya saja seperti gingerbread yang menggunakan brown sugar berwarna gelap. Sementara, saus karamel (butterscotch) terbuat dari brown sugar berwarna lebih terang.

Coba resep: Ongol-ongol

Meskipun sama-sama berwarna coklat, gula aren tidaklah sama seperti brown sugar. Bahan bakunya saja sudah berbeda. Apalagi penggunaannya yang tidak selalu bisa saling menggantikan. Tapi kembali lagi ke selera masing-masing. Jika anda suka berkreasi saat mengolah makanan, kenapa tidak mencobanya?

Apa Bedanya? Gula Aren vs Brown Sugar
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote