Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Siapa sih yang tidak suka cumi-cumi? Apalagi seafood yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Mulai dari cumi goreng, tumis, siram saus, hingga bakar. Namun, cumi bakar/panggang seringkali terasa hambar atau bumbunya menempel di permukaan saja. Seringkali, teksturnya juga keras dan sulit digigit. Supaya tidak terjadi, perhatikan yuk tips masaknya berikut.

Coba resep: Cumi Bakar Kecap

1. Menggunakan cumi-cumi yang segar

Karena dianggap sepele, langkah yang satu ini sering sekali kita lupakan. Padahal, segar atau tidaknya cumi-cumi sangat berpengaruh lho pada hasil masakan. Soalnya, cumi yang masih segar rasanya lebih manis dan juicy.

Untuk memilih cumi segar, carilah yang badannya kenyal dan terlihat mengkilap. Jika cumi nampak layu, sebaiknya dihindari ya. Soalnya kemungkinan besar cumi tersebut sudah hampir busuk.

2. Menggunakan racikan bumbu yang sederhana

Cumi bakar lebih cocok menggunakan bumbu-bumbu basic dan ringan. Misalnya seperti campuran bawang putih dan jahe. Anda juga bisa pakai kecap manis dan air asam jawa agar lebih nikmat.

Tambahkan margarin pada racikan bumbu ini untuk menjadikannya bumbu oles saat memanggang cumi.

3. Merendam bumbu selama 30 menit

Kebanyakan orang baru mengoleskan bumbu ketika cumi dipanggang. Akibatnya, cumi tidak bisa menyerap bumbu dengan sempurna.

Cara terbaik untuk membumbui cumi ialah ketika masih mentah. Jadi, setelah dibersihkan cumi harus direndam dengan racikan bumbu. Agar meresap dengan sempurna, biarkan rendaman tersebut selama 30 menit. Dijamin deh, cumi bakar akan nikmat dan membuat ketagihan.

4. Membuat keratan pada badan cumi

Selain merendam dengan bumbu, kita sebaiknya juga membuat keratan di badan cumi. Soalnya, keratan-keratan ini akan membuat bumbu cumi bakar semakin meresap. Selain itu, keratan pada cumi juga akan membuat cumi terlihat mengembang ketika dipanggang. Semakin lebar keratan, cumi juga akan semakin keriting dan mekar. Tampilannya pun akan lebih menggoda.

5. Tidak memanggang cumi terlalu lama

Memanggang cumi terlalu lama bisa membuat teksturnya jadi alot. Makanya, pilih cumi berukuran sedang cenderung kecil, sehingga tidak perlu waktu lama untuk matang. Panggang di tiap sisi selama 2 menit saja hingga permukaannya tampak kecoklatan.

Baca juga: 8 Tips Membuat Seafood Bakar yang Enak & Berbumbu Meresap

Kini, tidak perlu lagi deh menghindari cumi bakar yang ‘tawar’ dan alot. Asalkan mengikuti tips diatas, dijamin deh berhasil membuat cumi bakar. Happy grilling ladies!

5 Tips Buat Cumi Bakar yang Berbumbu Meresap & Tidak Alot
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)