Penulis: Tia | Editor: Ria

Akhir-akhir ini, pisang goreng madu sedang menjadi tren. Tidak heran sih. Karena setelah saya coba, rasanya memang legit dan lebih enak dari pisang goreng biasa. Pantas saja kalau semua orang tergila-gila dengan pisang goreng madu ini.

Untuk membeli pisang goreng madu yang terkenal enak, biasanya kita harus menunggu cukup lama karena pembelinya membludak hingga mengular. Kalau benar-benar ingin makan tapi malas antre, kenapa tidak membuatnya saja sendiri? Caranya mudah, kok. Hanya 6 langkah saja!

1. Gunakan pisang tanduk yang tidak lembek

Untuk membuat pisang goreng madu, anda sebenarnya bisa menggunakan pisang jenis apa saja. Yang penting matang dan teksturnya tidak lembek. Tapi, untuk hasil yang lebih nikmat, saya sarankan anda menggunakan pisang tanduk saja. Soalnya, pisang ini punya tekstur renyah dan tidak mudah benyek atau lembek. Jadi, cocok sekali untuk diolah menjadi pisang goreng.

Baca juga: 8 Jenis Pisang dan Olahan yang Cocok

2. Potong pisang bentuk koin

Ciri khas dari pisang goreng madu adalah pisangnya tidak digoreng secara utuh. Melainkan dipotong bulat-bulat terlebih dahulu seperti koin. Untuk tebalnya, bisa disesuaikan dengan selera atau sekitar 0,5-1 cm. Nah, karena pisang tidak utuh, bentuk dari pisang goreng madu ini jadi mirip seperti bakwan setelah digoreng. Unik, ya?

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Pisang yang Sudah Matang

3. Gunakan campuran tepung terigu dan tepung maizena

Adonan tepung untuk pisang goreng madu ini tidak jauh berbeda dari pisang goreng biasa. Adonan dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung maizena, kemudian ditambahkan gula, air, dan baking powder. Penggunaan campuran tepung terigu dan tepung maizena ini akan membuat hasil pisang goreng menjadi lebih garing dan renyah.

Coba: Resep Pisang Goreng Madu

4. Madu dicampur ke dalam adonan tepung

Lalu letak madunya di mana? Jawabannya yaitu madu dicampurkan ke dalam adonan tepung. Setelah adonan tepung jadi, masukkan sekitar 3-4 sdm madu. Takaran ini digunakan untuk 2 buah pisang tanduk. Jadi, kalau anda tidak menambahkan porsi pisang tanduknya, jangan gunakan madu lebih banyak dari takaran, ya. Soalnya, pisang goreng yang dihasilkan nantinya akan berwarna hitam gelap dan tidak cantik.

Baca juga: Manfaat Raw Honey (Madu Asli dan Mentah) untuk Kesehatan

5. Pakai sendok sayur untuk menakar adonan

Untuk menggoreng pisang goreng madu, anda bisa pakai sendok sayur untuk menakar porsi adonan yang akan digoreng. Caranya sama seperti menggoreng bakwan. Ambil 1 sendok sayur adonan, lalu tata 6-7 pisang di dalam adonan tersebut. Setelah itu, tuang adonan ke dalam minyak panas. Usahakan saat dituang ke dalam minyak, bentuknya tetap bulat ya.

Baca juga: 9 Sendok Masak yang Wajib Anda Ketahui

6. Goreng dengan api kecil

(Image: Lazada)

Karena ada madu di dalam adonan, pisang goreng akan lebih mudah berubah warna menjadi cokelat saat digoreng. Untuk menghindari hasil yang kurang matang, gorenglah pisang dengan api yang kecil dan gunakan wajan yang cukup besar, seperti Maspion Wajan Clarita (lihat di Lazada). Tunggu satu sisi matang, kemudian balik pisang goreng untuk mematangkan sisi satunya lagi. Dengan begitu, pisang goreng akan matang di dalam dan renyah di luar.

Baca juga: 7 Jenis Makanan Berbahan Baku Pisang yang Diolah Goreng

Sekarang sudah tahu kan rahasia membuat pisang goreng madu yang lagi tenar itu? Membuatnya mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun pasti tersedia di rumah. Selamat mencoba!

6 Tips Membuat Pisang Goreng Madu yang Renyah dan Legit
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)