Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bagi saya, makan kerang memberikan sensasi unik tersendiri. Rasanya bahagia sekali ketika saya berhasil mencongkel daging kerang dari cangkang, lalu melahapnya. Seketika, sensasi kenyal dan rasa gurih memanjakan mulut saya. Satu piring kerang pun bisa ludes seketika tanpa disadari!

Di pasaran, ada banyak sekali jenis kerang yang ditawarkan. Meski begitu, hanya beberapa jenis kerang saja yang popular. Entah itu karena rasanya yang enak, atau harganya yang murah. Nah, salah  satu kerang yang menjadi favorit banyak orang adalah kerang hijau.

Baca juga: 8 Jenis Kerang yang Biasa Dikonsumsi di Indonesia

Sayangnya, belakangan ini saya mendengar banyak berita tentang kerang hijau yang berbahaya, bahkan sampai menyebabkan keracunan. Hal tersebut tentu saja membuat saya cukup khawatir, mengingat saya sekeluarga menyukai olahan kerang hijau. Setelah cari tahu dan baca sana sini, kini saya tahu trik memilih kerang hijau yang segar dan berkualitas.

1. Pilih kerang hijau yang masih hidup

Biasanya, dalam satu keranjang kerang hijau terdapat kerang yang masih tertutup dan yang sudah terbuka. Saran saya, sebaiknya hanya pilih kerang yang masih tertutup, karena itu menandakan kerang masih hidup. Jika kerang masih hidup, otomatis kesegarannya terjamin. Hindari memilih kerang yang sudah terbuka karena justru itu adalah tanda jika kerang sudah mati dan tidak segar lagi.

2. Perhatikan aroma kerang hijau

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk menguji kualitas kerang hijau adalah dengan menghirup aromanya. Kerang hijau yang segar biasanya akan mengeluarkan aroma amis yang khas dan sewajarnya. Sebaliknya, kerang hijau yang sudah jelek akan mengeluarkan aroma yang menyengat, bahkan bau busuk yang mengganggu.

3. Raba kerang hijau

Selain dari aroma, anda juga bisa mengetes kesegaran kerang hijau dengan cara merabanya. Coba perhatikan tekstur dari kulit kerang hijau. Jika teksturnya kesat, itu menandakan kerang hijau masih segar dan layak konsumsi. Tapi jika ternyata cangkang kerang hijau berlendir, sebaiknya jangan dibeli karena bisa dipastikan bagian dalam kerang hijau tersebut sudah hampir busuk.

4. Perhatikan bentuk kerang hijau

Selama ini, anda mungkin kurang memperhatikan bentuk kerang hijau ketika akan membelinya. Padahal ukuran tersebut bisa anda jadikan patokan lho untuk mengetahui kesegaran kerang hijau tersebut. Kerang hijau yang masih segar biasanya memiliki bentuk yang cenderung pipih dan cangkang yang rapat. Jika anda menemukan kerang hijau yang cangkangnya tampak menggembung, sebaiknya jangan dibeli. Sebab hal tersebut menandakan jika kerang hijau sudah tercemar, rusak, dan tidak layak dikonsumsi.

Coba resep: Tumis Kerang Pedas

Dengan mengikuti tips di atas, dijamin deh anda bisa tetap menikmati olahan kerang hijau yang lezat dan aman. Sudah tak sabar mencoba?