Penulis: Tia | Editor: Ria

Saat bulan puasa, saya jarang melihat ibu saya bangun jauh lebih awal untuk memasak sahur. Tapi, santapan sahur keluarga kami pun sangat beragam, tidak hanya makanan praktis atau siap saji saja. Setelah diperhatikan, ternyata ibu saya sudah menyiapkan menu sahur dari malam hari sebelumnya.

Cara ini juga bisa lho anda terapkan di rumah. Memasak di malam hari sebelumnya dan tinggal dipanaskan saja saat akan makan sahur. Kira-kira, menu apa saja ya yang bisa disiapkan dari malam sebelumnya?

1. Macaroni schotel

Macaroni schotel merupakan salah satu hidangan padat energi yang baik untuk jadi santapan sahur. Ada karbohidrat, protein, dan vitamin yang mampu menjaga tubuh anda selama berpuasa. Macaroni schotel ini pun sangat praktis dibuatnya, serta bisa anda siapkan dan masak mulai dari malam hari.

Macaroni schotel yang sudah matang dan dipanggang, didiamkan sebentar di suhu ruangan untuk menghilangkan uap panasnya. Setelah itu, simpan macaroni schotel ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke kulkas. Saat akan sahur esok harinya, anda hanya perlu memanaskannya saja deh di microwave atau dikukus sebentar.

Coba: Resep Macaroni Schotel

2. Telur bulat semur

Telur adalah pilihan lauk yang tepat untuk hidangan sahur. Mudah diolah, rasanya pasti enak, dan kandungan proteinnya tinggi. Salah satu olahan telur yang nikmat untuk sahur yaitu telur bulat semur. Telur bulat ini disemur dengan kecap, santan, bawang merah, dan daun salam. Cocok sekali kan disantap bersama nasi putih hangat?

Kalau anda takut tidak sempat membuatnya, telur bulat semur ini juga bisa disiapkan di malam sebelumnya. Saat sudah matang, biarkan sejenak hingga uap panasnya habis, lalu tutup wajan supaya semur tidak terkena debu dan kotoran. Selain praktis, cara ini juga membuat bumbu semur semakin meresap karena telur rebus sudah direndap semalaman. Esok harinya, ketika akan santap sahur, anda tinggal memanaskannya saja di atas kompor selama 1 menit.

Coba: Resep Semur Telur

3. Ayam kukus

Ayam kukus simpel

Olahan ayam yang satu ini sangat cocok sekali untuk sahur. Soalnya, tidak ada kandungan minyak akibat digoreng, yang bisa membuat anda cepat merasa haus saat berpuasa. Selain itu, rasanya pun ringan dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup dari ayam serta sayuran di dalamnya.

Memasak ayam kukus ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 60-75 menit. Untuk itu, daripada bangun lebih awal, lebih baik masak saja ayam kukus terlebih dahulu di malam harinya. Saat akan sahur, ayam kukus bisa dipanaskan di dalam microwave atau dikukus sebentar.

Coba: Resep Ayam Kukus

4. Empal gepuk

empal gepuk

Ingin makan daging saat sahur? Empal gepuk bisa anda jadikan pilihan. Rasanya yang gurih memang cocok sekali disantap bersama nasi putih dan mampu menggugah selera makan. Anda pun akan punya cukup energi untuk berpuasa seharian.

Sebelum digoreng, empal gepuk perlu untuk diungkep bersama bumbu-bumbu seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, dan gula merah, supaya gurihnya meresap dan daging empuk. Proses ungkep ini butuh waktu cukup lama, sekitar 1 jam. Untuk itu, anda bisa mengungkep daging empal ini di malam harinya saja. Jadi, di waktu sahur, anda hanya tinggal menggorengnya saja di api panas.

Coba: Resep Empal Gepuk

5. Ekkado

ekkado jepang

Hidangan satu ini, dijamin akan membuat anak anda lahap menyantap makanan sahur. Rasanya mirip sekali dengan buatan restoran cepat saji, tapi jelas lebih sehat dong karena dibuat di dapur sendiri.

Ekkado terbuat dari daging ayam serta udang giling dan telur puyuh rebus yang kemudian dibungkus dengan kembang tahu. Setelah semua isian terbungkus, kukus ekkado selama 20-25 menit. Anda bisa menyimpan ekkado kukus di dalam freezer pada malam harinya dan dipanaskan dengan cara digoreng saat akan makan sahur. Saran saya, anda bikin saja ekkado langsung dalam jumlah banyak. Nantinya bisa anda simpan sebagai frozen food siap goreng selama bulan puasa.

Coba: Resep Ekkado

6. Overnight oat

overnight oat simpel

Oatmeal mungkin terlihat sebagai makanan ringan. Tapi, justru oatmeal inilah yang paling ampuh menahan lapar selama berpuasa seharian, karena kandungan seratnya yang tinggi. Sebenarnya, oatmeal bisa langsung dibuat begitu saja saat akan sahur. Namun, kalau anda ingin menyantap hidangan yang segar untuk sahur dan oatmeal “menyerap” kandungan nutrisi yang lebih banyak, overnight oat ini bisa jadi pilihan.

Yang namanya overnight, pasti sudah dibuat dari malam sebelumnya atau bahkan dari sejak waktu berbuka puasa. Oatmeal instan dimasukkan ke dalam wadah, campurkan dengan susu cair dan yogurt, kemudian tutup wadah tersebut. Simpan oatmeal tersebut di dalam kulkas hingga waktunya sahur. Anda bisa menyantapnya bersama potongan buah-buahan, seperti pisang, buah naga, atau strawberry.

Coba: Resep Overnight Oat

Dengan menu-menu sahur yang bisa disiapkan dari malam, anda dapat menghemat waktu memasak. Sajiannya bisa beragam dan yang pasti, anda tidak perlu bangun terlalu awal untuk menyiapkan hidangan sahur. Enak, kan? Selamat mencoba!

6 Menu Sahur yang Bisa Disiapkan dari Malam Sebelumnya
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)