Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bicara soal makanan Jepang yang disukai masyarakat Indonesia, pasti yang pertama kali terlintas di benak anda adalah ramen atau sushi. Tapi ternyata selain kedua makanan tersebut, ada makanan Jepang lain yang tak kalah popularnya, yaitu karage. Sekilas terlihat mirip ayam balut tepung biasa, karage punya bahan pembuatan yang berbeda sehingga rasanya sangat khas.

Selain enak dan renyah, chicken karage ini juga praktis dan tahan lama, sehingga bisa anda jadikan sebagai bekal makan siang untuk keluarga. Agar lebih menarik, anda bisa menyusunnya di kotak bekal ala-ala bento khas Jepang yang lucu dan pastinya bisa membangkitkan selera makan.

Baca juga: 5 Tips Praktis Membuat Bekal Anak

Meskipun sekilas membuat chicken karage terlihat mudah, tapi ada hal-hal yang perlu anda perhatikan agar hasil yang didapat bisa maksimal. Agar tidak keliru saat membuat chicken karage, yuk intip dulu tipsnya di bawah ini!

1. Perhatikan pemilihan daging ayam

Hal pertama sekaligus paling penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat karage adalah kualitas ayamnya. Pastikan anda menggunakan ayam yang masih segar.

Selain itu, pilihlah daging ayam bagian paha yang bertekstur lembut. Karage pun akan tetap empuk meski dibalut tepung renyah. Potong daging ayam jadi bentuk dadu besar agar mudah dibalur tepung dan menempel sempurna.

2. Rendam daging ayam dalam bumbu khusus

Agar rasa chicken karage lebih nikmat, rendam daging ayam terlebih dahulu dengan bumbu halus yang terbuat dari campuran bawang putih, saus tiram, rajangan jahe, kecap manis, kaldu, gula, dan merica bubuk. Rendam ayam sampai bumbu meresap ke dalam bagian dalam daging.

3. Gunakan potato starch

Salah satu kunci sukses membuat chicken karage adalah penggunaan tepungnya. Tidak seperti fried chicken pada umumnya yang hanya menggunakan tepung terigu untuk membalut daging ayam, chicken karage justru wajib menggunakan potato starch atau tepung pati kentang yang dicampur dengan sedikit tepung terigu. Selain membuat rasa gorengan lebih nikmat, penggunaan potato starch juga juga bisa memberikan tekstur yang khas pada tepung setelah digoreng.

4. Goreng ayam dengan teknik deep frying

Sama seperti saat anda menggoreng gorengan lainnya, chicken karage sebaiknya digoreng dengan teknik deep frying, atau terendam minyak panas sepenuhnya. Menggoreng dengan teknik deep frying bisa membantu chicken karage anda matang lebih cepat dan merata. Jika warna chicken karage sudah mulai berubah menjadi kuning keemasan, segera angkat dan tiriskan minyaknya, lalu sajikan dalam keadaan masih hangat agar renyahnya maksimal.

Baca juga: 8 Jenis Gorengan Lezat di Resto Fast Food Jepang

Ternyata membuat chicken karage itu sangat mudah ya. Anda tertarik mencobanya?

5 Tips Membuat Ayam Karage Enak & Renyah Khas Jepang
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)