Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Jika tidak sempat memasak di pagi hari, roti tawar adalah bahan makanan yang jadi penolong. Cukup olesi margarin atau selai, roti sekejap jadi enak dan mengenyangkan. Sayangnya, roti tawar punya masa expired yang cukup pendek. Kira-kira sekitar 4-7 hari saja. Sementara, kita belum tentu makan roti setiap hari, bukan? Alhasil, roti sisanya akan mengeras dan terbuang percuma. Tapi, sebenarnya kita tidak harus membuang roti sisa ini lho, asalkan belum kadaluwarsa. Sulap saja roti sisa jadi aneka menu lezat dan praktis berikut.

1. Puding Roti

Puding yang satu ini lebih lezat disantap hangat. Untuk membuatnya, campurkan susu cair, margarin, dan gula dengan roti yang sudah disobek-sobek. Selain itu, siapkan juga adonan dari vanili, telur, garam, dan potongan kurma.  Setelah dikocok hingga berbusa, barulah adonan ini dicampur ke adonan roti. Kukus selama 20-30 menit, puding roti pun siap disantap. Rasanya manis, lembut, dan pasti membuat ketagihan deh.

Coba resep: Puding Roti

2. Klapertart

Roti sisa juga bisa kita ‘modifikasi’ menjadi klappertart. Biasanya, isi klappertart memang menggunakan daging kelapa. Tapi, kini kita ganti dengan roti sisa yang sudah dipotong dadu. Sebelumnya, kita perlu mencelupkan potongan roti ke susu cair. Sementara itu, sisa susu dimasak dengan santan, garam, vanili, kuning telur, dan terigu. Lalu, barulah potongan roti ditambahkan di dalamnya. Jika sudah tercampur rata, adonan dituangkan ke alumunium foil. Supaya lebih nikmat, kita bisa menambahkan kismis di atasnya. Lalu, adonan di kukus selama 30 menit hingga siap disajikan.

Coba resep: Klapertart

3. Garlic Bread

Selain olahan manis, roti tawar sisa juga bisa lho diolah jadi sajian gurih. Sebelumnya, siapkan olesan yang terdiri atas mentega, telur, garam, gula, bubuk oregano, serta bubuk bawang. Setelah bahan olesan dikocok merata jadi satu, kita bisa mengolesinya pada roti tawar. Gunakan oven untuk memanggang garlic bread hingga kering. Ta-da! Garlic bread ala restoran kini tersedia di meja makan anda.

4. Risol Mayonese

Roti tawar yang dibuang pinggiran kulitnya bisa dijadikan pengganti kulit risol lho. Teksturnya tidak kalah lembut dengan kulit risol biasa. Setelah dikupas pinggirannya, pipihkan roti dengan alat penggilas hingga jadi tipis. Untuk bagian isi, risol roti bisa disamakan dengan risol mayones biasa. Mulai dari keju, daging asap, sosis, dan juga mayones. Setelah diisi dan digulung, balut risol roti dengan tepung panir lalu goreng hingga kecoklatan dan matang.

5. Roti Kering/Bagelen

Supaya awet, cobalah mengolah roti tawar sisa menjadi roti kering/bagelen. Cara pembuatannya mudah sekali. Kita cuma butuh roti sisa, mentega dan gula. Potong-potong roti jadi bentuk memanjang, lalu olesi dengan mentega dan gula, kemudian panggang hingga kering. Taburan roti juga bisa diganti bahan lainnya. Contohnya mengganti gula dengan keju parut. Dijamin, bagelen terasa nikmat, garing, sekaligus gurih.

6. Kue Talam

talam jagung legit

Siapa sangka, ternyata roti tawar sisa juga bisa dibuat menjadi kue talam. Secara umum, cara pembuatannya mirip seperti membuat kue talam biasa. Campurkan potongan roti tawar dengan sebagian adonan kue talam. Kemudian, tuangkan adonan tersebut ke wadah pencetak. Adonan inilah yang akan menjadi bagian dasar kue talam. Setelah itu, kita bisa menambahkan adonan talam biasa dalam di bagian atasnya.

Coba resep: Kue Talam Jagung

Sekarang tidak ada lagi deh, cerita roti tawar sisa yang terbuang sia-sia. Asalkan kreatif, sisa roti tawar bisa jadi santapan yang nikmat. Olahan nomor berapa nih yang paling bikin anda ngiler?