(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saya termasuk orang yang selektif dalam memilih peralatan makan. Sebab, alat makan akan bersentuhan langsung dengan makanan yang kita konsumsi. Coba deh bayangkan, bagaimana jika alat makan yang dipilih ternyata terbuat dari bahan berbahaya, mudah jadi sarang kuman, atau mudah masuk dalam makanan. Karena itulah, untuk urusan alat makan terutama piring, mangkuk, dan mug, saya prefer pilih yang berbahan porselen atau keramik.

Sejak dulu, bahan keramik terkenal paling aman digunakan sebagai alat makan. Meskipun harganya jauh lebih mahal, tapi bisa dikatakan setara dengan kualitasnya. Alat makan dari keramik juga terlihat lebih elegan dan cantik, dengan aneka motif yang memanjakan mata. Saat ini, tersedia berbagai pilihan peralatan makan keramik dengan variasi model dan harga yang bisa disesuaikan selera dan budget. Beberapa kriteria harus jeli anda perhatikan saat memilihnya berikut.

1. Perhatikan permukaan keramik

Hal paling penting yang harus anda lakukan ketika akan membeli alat makan berbahan keramik adalah memastikan kualitasnya, salah satunya dilihat dari permukaan keramik. Biasanya, keramik berkualitas bagus akan terasa licin dan mulus ketika diraba. Hindari membeli alat makan keramik yang permukaannya kasar dan berpori. Sebab makanan bisa saja terserap atau mengendap ke dalam lapisan keramik.

Amati juga setiap permukaan bagiannya, mulai dari dasar hingga pinggirannya. Jika terdapat retakan, gompil, atau cacat, sebaiknya jangan dibeli. Sela-sela retakan ini akan mengundang sisa-sisa makanan dan jadi sarang kuman. Selain itu, keramik yang cacat ini akan lebih cepat rusak karna retakan akan membesar seiring berjalan waktu.

2. Perhatikan berat keramik

Mungkin anda berpikir jika semakin berat keramik, maka kualitasnya semakin bagus. Padahal hal tersebut keliru. Keramik yang berkualitas bagus justru akan terasa ringan ketika diangkat. Peralatan makan keramik yang berat juga akan sulit dibawa dan lebih berisiko jatuh dari ketika dipegang.

3. Perhatikan warna dasar keramik

Biasanya, keramik yang bagus memiliki warna dasar putih bersih. Jika anda menemukan alat makan keramik dengan warna yang kusam, sebaiknya jangan dibeli. Hindari juga membeli keramik yang berwarna terlalu mencolok. Karena bisa saja pewarna tersebut akan sedikit demi sedikit luntur dan tercampur ke dalam makanan.

4. Perhatikan produsennya

Poin ini mungkin sering terlewat saat orang-orang akan membeli alat makan keramik, padahal sebenarnya ini penting untuk dilakukan lho. Keramik akan lebih terjamin kualitasnya jika mencantumkan logo atau nama produsen di sebalik wadahnya. Jika tidak tertera, sebaiknya pilih keramik yang lain saja, ya.

Itu dia beberapa tips saat memilih dan membeli alat makan berbahan dasar keramik. Keramik yang berkualitas tentunya akan bertahan lebih lama dan aman digunakan.

4 Tips Memilih Peralatan Makan & Dapur dari Keramik
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)