Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bicara soal seafood tidak akan ada habisnya. Maklum, keluarga saya gemar mengonsumsi seafood dibandingkan unggas. Cumi adalah seafood yang paling sering tersaji jadi lauk di rumah. Selain murah dan mudah didapat, cumi juga paling praktis pengolahannya. Meskipun mudah, tapi ternyata ada triknya tersendiri lho saat memasak cumi. Tiap menu  juga punya cara masing-masing, tidak bisa sama rata. Yuk, simak selengkapnya cara memasak cumi agar tetap empuk dan berbumbu meresap lezat berikut.

1. Goreng cumi sebentar saja

Sama seperti seafood lainnya, cumi jika tidak boleh dimasak terlalu lama, karena hal tersebut hanya akan membuat tekstur cumi menjadi alot dan sulit dikunyah.

Saat anda akan menggoreng cumi, pastikan minyak sudah dalam keadaan panas. Lalu kecilkan api agar cumi matang merata, dan goreng cumi sebentar saja. Anda bisa menggunakan cara ini ketika membuat cumi goreng tepung atau cumi goreng mentega.

Coba resep: Cumi Goreng Saus Telur Asin

2. Masak cumi secara terpisah

Jika anda berniat menambahkan cumi ke dalam sup, ada baiknya anda mengolahnya secara terpisah dari bahan lainnya. Karena seperti yang kita ketahui, sup merupakan hidangan yang cukup lama waktu memasaknya.

Anda bisa merebus cumi di panci berbeda selama kurang lebih 3 menit. Setelah cumi diangkat, segera rendam dalam air dingin. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga tekstur cumi tetap lembut. Air dingin bisa membantu menghentikan proses memasak pada cumi karena suhunya yang masih panas. Lalu campurkan cumi ke dalam sup jika sup tersebut sudah matang dan siap dihidangkan. Sup yang bisa anda coba buat di antaranya adalah sup seafood yang lezat.

3. Gunakan api besar

Jika anda akan mengolah cumi dengan cara ditumis, sebaiknya anda menggunakan api besar. Api yang besar akan membuat cumi lebih cepat matang seketika, sehingga anda tidak perlu memasaknya terlalu lama. Cara ini bisa anda terapkan ketika membuat olahan cumi seperti cumi asam manis, cumi saus tiram, atau cumi saus padang.

Coba resep: Tumis Cumi Hitam

Setelah ini, dijamin deh anda bisa menyajikan menu olahan cumi yang empuk dagingnya, lezat, dan sehat untuk keluarga tercinta. Selamat memasak!