Penulis: Tia | Editor: Ria

Saat ini, hampir semua restoran punya menu dengan saus salted-egg. Saya kira, inovasi saus yang dibuat dari telur asin ini hanya sekadar tren saja. Tapi setelah mencoba, rasanya memang sangat enak dan cocok untuk diolah dengan berbagai bahan makanan. Saya sendiri sangat suka jika saus telur asin ini disiram ke atas tahu jepang goreng. Rasanya lembut dan creamy.

Kalau anda juga ketagihan saus telur asin seperti saya, coba yuk membuatnya sendiri supaya lebih hemat. Untuk mendapatkan rasa istimewa, caranya tidak sulit sama sekali, lho.

1. Pilih telur asin matang

Untuk membuat saus telur asin, anda sebenarnya bisa menggunakan telur asin yang matang maupun yang mentah. Hanya saja, menggunakan telur asin matang akan lebih praktis dan mempersingkat waktu memasak. Karena, anda bisa langsung mengolahnya menjadi saus.

Sementara itu, kalau menggunakan telur asin mentah, anda tetap harus merebus atau mengukusnya terlebih dahulu. Yang mana akan memakan waktu lebih lama untuk memasak.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Telur Asin Asli dan Palsu

2. Gunakan kuning telurnya saja

Saus telur asin hanya menggunakan bagian kuning telur saja. Soalnya, bagian ini bertekstur creamy dan rasa asinnya tidak terlalu kuat. Jadi, sangat mudah diolah menjadi saus yang cocok untuk berbagai masakan.

Oh iya, pastikan saat mengorek kuning telur, bagian putihnya jangan sampai terbawa, ya. Supaya hasil akhir dari saus telur asin ini tetap lembut dan rasanya seimbang.

Baca juga: 2 Cara Praktis Membuat Telur Asin yang Enak dan Masir

3. Lumatkan kuning telur asin dengan hand blender atau sendok

(Image: Lazada)

Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, bagian kuning telur yang sudah dipisahkan ini perlu dilumatkan. Sebenarnya, akan lebih bagus hasilnya jika dilumatkan menggunakan hand blender, seperti Oxone Eco Hand Blender OX-141 (lihat di Lazada)Hand blender ini memiliki mata pisau yang tipis tapi tajam, sehingga dapat melumatkan kuning telur asin hingga halus dan creamy.

Tapi kalau tidak punya, anda bisa kok menggunakan bagian belakang sendok. Lumatkan kuning telur asin ini hingga sehalus mungkin. Usahakan tidak terlalu banyak bagian yang menggumpal supaya tekstur saus nanti sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: 7 Makanan Enak dengan Saus Telur Asin yang Lumer dan Gurih

4. Gunakan mentega untuk menumis dan bawang putih sebagai bumbu

Rasa gurih dari kuning telur asin membuat saus ini tidak perlu terlalu banyak bumbu. Namun, untuk membuatnya lebih harum dan lezat, gunakanlah bawang putih sebagai bumbu dan mentega untuk menumis.

Saya sarankan untuk menggunakan mentega tawar karena saus akan memiliki aroma yang lebih sedap dan rasa yang lembut. Cukup 2 sdm saja untuk 1 porsi saus telur asin. Namun, anda juga bisa mengganti mentega tawar dengan margarin. Hanya saja takarannya harus lebih sedikit dari mentega, sekitar 1 sdm, supaya rasa saus tidak jadi terlalu asin.

Coba: Resep Cumi Telur Asin

5. Masak di api yang kecil hingga berbusa

Saus telur asin ini cukup rawan gosong. Apalagi kita harus memasaknya hingga mendidih dan terlihat berbusa. Untuk itu, masaklah saus telur asin di atas api yang kecil saja. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk saus selama memasak, supaya tidak ada yang menggumpal.

Coba: Resep Udang Telur Asin

6. Tambahkan susu cair full cream untuk hasil yang creamy

Setelah mulai mengeluarkan busa, tambahkan 3 sdm susu cair full cream ke dalam saus. Penambahan susu cair ini akan membuat saus menjadi creamy dan sangat lembut. Aduk kembali saus tersebut hanya sampai tercampur rata, tidak perlu sampai mendidih. Jika menurut selera hasilnya terlalu kental, anda bisa menambahkan air matang sedikit demi sedikit hingga mendapatkan tingkat kekentalan yang diinginkan.

Baca juga: Apa Bedanya? Susu Segar vs Susu UHT vs Susu Pasteurisasi

7. Taburkan irisan daun bawang

Matikan api setelah anda mendapatkan saus dengan kekentalan yang diinginkan. Kemudian, taburkan irisan daun bawang ke atas saus telur asin. Irisan daun bawang ini akan memberikan aroma dan citarasa khas yang akan membuat saus telur asin anda menjadi lebih spesial. Anda bisa mengaduknya hingga tercampur ke dalam saus atau membiarkannya saja sebagai topping. Sama saja kok sedapnya.

Baca juga: Apa Bedanya? Daun Bawang vs Daun Kucai

Saus telur asin yang sudah jadi ini bisa anda olah dengan berbagai bahan makanan, lho. Mulai dari ayam, udang, cumi, hingga tahu sutra jepang. Disantap bersama nasi hangat, sedapnya sungguh tidak bisa dilupakan. Selamat memasak!