Penulis: Tia | Editor: Ria

Membeli buah memang butuh kejelian khusus supaya tidak salah pilih. Apalagi pisang. Saya dulu seringkali terkecoh dengan pisang yang warnanya sudah kuning. Tapi saat akan disantap, rasanya masih sepet dan bergetah. Rugi, deh.

Pisang yang matang ternyata tidak bisa ditentukan dengan perubahan warna kulitnya saja. Ada beberapa ciri-ciri lain yang perlu anda perhatikan supaya tidak salah lagi dalam membeli pisang.

1. Kulit berwarna kuning yang cerah merata

Selama ini yang kita tahu, pisang yang matang itu kulitnya berwarna kuning. Nah, ternyata tidak semua pisang yang berkulit kuning itu sudah matang dengan baik, lho. Pisang yang matang dengan baik memiliki kulit berwarna kuning cerah dan merata.

Kalau warna kuningnya tua artinya pisang tersebut sudah terlalu matang. Sebaliknya, kalau warna kuningnya muda dan masih ada sedikit warna hijau di pinggir-pinggirnya, pisang tersebut masih belum matang.

Baca juga: 5 Makanan Lezat & Praktis Berbahan Dasar Pisang yang Dihancurkan atau Dihaluskan

2. Ada bintik-bintik cokelat di kulitnya

Bintik-bintik cokelat yang ada pada kulit pisang biasa disebut dengan sugar spot. Jadi, adanya bintik-bintik cokelat ini di kulit pisang merupakan tanda kalau pisang sudah manis dan matang. Tapi, jangan menganggap semakin banyak bintik cokelat, pisang semakin nikmat, ya. Justru pisang dengan banyak bintik cokelat di kulitnya itu sudah terlalu matang dan akan segera membusuk.

Pisang yang matang dengan baik, jumlah bintik-bintik cokelatnya tidak terlalu banyak dan menyebar di seluruh permukaan kulit. Rasa manisnya pas dan teksturnya masih sangat lembut.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Pisang untuk Kolak

3. Bentuk pisang membulat

Saat masih mentah, pisang memiliki siku-siku di seluruh bagiannya. Kalau sudah matang, siku-siku ini akan hilang dan bentuk pisang pun akan membulat.

Cara termudah untuk mengecek apakah pisang sudah membulat atau belum adalah melihat ujung bawah pisang. Jika bentuknya masih menyerupai kotak dan seakan terpisah dari buah, tandanya pisang belum matang. Tapi kalau sudah terlihat seperti menyatu dengan buah, artinya pisang sudah matang dan siap dikonsumsi.

Coba: Resep Pisang Goreng Madu

4. Permukaan kulit pisang terasa halus dan lembut

Saat akan membeli pisang, sentuhlah permukaan kulitnya. Pisang yang sudah matang memiliki kulit yang halus dan lembut. Kalau permukaannya terasa kesat saat disentuh, pisang tersebut belum siap untuk disantap. Daging buahnya masih terasa sepet dan bergetah. Sementara itu, kalau permukaannya terasa lembek, tandanya pisang sudah terlalu tua dan kurang baik untuk dikonsumsi.

Coba: Resep Pisang Epe

5. Tandannya masih segar dan hijau

Kematangan pisang juga bisa dilihat dari tandannya. Tandan sendiri merupakan bonggol besar tempat menempel pisang di setiap sisirnya. Pisang yang sudah matang dengan baik akan memiliki tandan yang berwarna hijau segar. Hindari membeli pisang yang tandannya sudah kering dan kecokelatanya, karena tandanya pisang tersebut sudah dipanen dari lama dan tua.

Baca juga: 8 Aneka Sajian dari Pisang yang Diolah Potong/Utuh

Ternyata mudah sekali kan, untuk mengetahui pisang yang sudah matang. Bisa dilihat langsung dari permukaan kulitnya. Setelah membeli, jangan lupa menyimpan pisang dengan baik, ya. Supaya pisang tidak cepat matang dan membusuk.