Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Curry puff atau lebih dikenal dengan karipap merupakan kudapan pastry seperti pastel yang berasal dari Singapura. Orang Malaysia lebih familiar menyebutnya dengan karipap pusing. Mengapa demikian? Sebab pastry ini punya tektur kulit luar yang berlapis-lapis dan berbentuk pusaran ‘pusing’. Sesuai namanya, karipap punya isian yang sangat khas yaitu potongan sayuran dan daging ayam dalam balutan bumbu kari.

Jika belum terbiasa membuat kulit karipap yang pusing ini, anda mungkin akan merasa kesulitan. Tapi, jika tahu triknya, ternyata tidak rumit, lho. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Siapkan takaran bahan yang tepat

Bahan baku dengan takaran tepat akan membuat adonan jadi renyah dan mudah dibentuk. Seperti tepung terigu berprotein tinggi, mentega putih, garam, dan air.

2. Gunakan air hangat dan mentega putih

Saat membuat kulit karipap, ada dua adonan yang harus dibuat yaitu adonan A dari terigu, margarin, dan mentega putih. Sementara adonan B dari terigu, margarin, dan bahan-bahan lainnya.

Adonan A menggunakan margarin dengan mentega putih. Jangan menghilangkan atau mengganti mentega putih dengan jenis lemak lainnya, ya. Karena ia berfungsi agar kulit karipap jadi renyah dan tidak banyak menyerap minyak nantinya saat digoreng.

3. Gilas dan gulung adonan kulit sebanyak 2 kali

Membuat kulit karipap adalah tahap terpenting. Jika gagal, maka kulit yang ‘pusing’ tidak akan terlihat. Karipap pun hanya akan jadi pastel namun dengan isian berbeda. Setelah adonan A sudah sudah terbalut sempurna dengan adonan B, lanjutkan dengan menggilasnya memanjang hingga tipis. Gulung adonan hingga jadi roll seperti bolu gulung. Lakukan langkah gilas-gulung hanya 2 kali saja. Lalu lanjutnya potong-potong setebal 1 cm dan gilas kembali sebelum diberi isian.

Jangan menggilang atau memotong terlalu tipis, ya. Supaya kulit karipap tidak mudah sobek, rapuh, dan hancur setelah digoreng.

4. Buat tumisan isian yang cenderung kering

Isian karipap sangat khas dengan rasa karinya yang kuat. Namun isian yang ‘basah’ dapat mengurangi kerenyahan kulitnya dan rentan bocor. Jadi, tumislah isian karipap hingga kering atau airnya asat/menyusut.

5. Simpan di dalam kulkas sebelum digoreng

Karipap sebaiknya diinapkan dulu dalam kulkas selama satu malam sebelum di goreng. Tata karipap secara berjajar dalam wadah tertutup. Jangan saling menumpuknya karena bisa lengket ketika diangkat dan sobek. Jika terpaksa, lapisi dulu antar tumpukan karipap dengan plastik atau plastik wrap.

6. Goreng dalam minyak banyak

Agar karipap lebih renyah saat matang, gunakan banyak minyak saat menggorengnya. Pastikan juga minyaknya telah panas namun tidak overheat, supaya tidak cepat matang/gosong bagian luarnya saja. Goreng karipap hingga kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan agar tidak berminyak.

Untuk mendapatkan citarasa karipap yang maksimal, sajian kue ini selagi hangat. Jika ingin disimpan, anda cukup menggorengnya setengah matang dan simpan dalam kulkas dengan wadah kedap udara.

Selamat mencoba: Resep Curry Puff atau Karipap