Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Siapa sih yang tidak ingin mengolah makanan dengan cepat? Namun, ada kalanya menu yang kita masak membutuhkan proses yang panjang. Untungnya, sekarang ini banyak alat yang bisa menunjang aktivitas memasak. Misalnya saja seperti chopper maupun blender. Kedua alat ini bisa menghaluskan bumbu-bumbu hingga bahan dapur. Akan tetapi, mana yang lebih baik diantara keduanya? Sebagai bahan pertimbangan, yuk simak perbedaan chopper maupun blender berikut.

1. Ukuran

Bila dijajarkan, ukuran chopper terlihat jauh lebih kecil dibandingkan blender. Sebab, blender memliki wadah yang tinggi. Wadah tersebut diletakkan di atas mesinnya. Sementara chopper mirip seperti food processor. Hanya saja, bentuknya lebih kecil dan sederhana. Makanya chopper lebih mudah disimpan dibandingkan blender.

2. Fungsi

Chopper dapat memotong, menggiling, serta mencampur bahan makanan. Alat ini dapat mengolah bahan makanan yang keras serta kering. Makanya kita bisa lho membuat bumbu dapur halus dengan chopper. Bukan hanya itu, chopper juga bisa menghaluskan daging. Hal ini dikarenakan chopper memiliki mata pisau yang cukup besar.

Sementara itu, blender hanya berfungsi mencampur dan menghaluskan. Makanya mata pisau blender lebih kecil dibandingkan chopper. Blender juga tidak bisa digunakan untuk memotong seperti chopper. Blender juga lebih cocok memproses makanan yang lunak. Tidak heran, alat ini sering dijadikan andalan untuk membuat jus dan smoothie.

3. Cara Kerja

Untuk menggunakan chopper, kita hanya perlu meletakkan bahan makanan ke dalam wadah. Tapi, pastikan juga bahan makanan tersebut sudah dibersihkan dan siap diolah. Lalu, kita tinggal menyalakan chopper dan mengatur kecepatannya sesuai kebutuhkan kita.  

Secara umum, cara kerja blender juga sama. Tapi sebelum dipakai untuk menghaluskan atau mencampur bahan makanan, kita perlu menambahkan cairan. Jika tidak, bisa-bisa kita malah merusak blendernya.

4. Kapasitas

Karena wadahnya kecil, chopper hanya bisa menampung 1-4 cangkir. Sementara itu, blender memiliki kapasitas yang jauh lebih banyak dari chopper. Daya tampung blender bisa mencapai hingga 2 liter.

5. Tekstur bahan makanan setelah diolah

Chopper menghasilkan tekstur bahan makanan yang bervariasi. Jika kita menghaluskan bawang, tentu teksturnya menjadi lembut. Lain halnya jika chopper digunakan untuk memotong. Teksturnya pasti menjadi lebih kasar.

Sementara itu, tekstur yang dihasilkan blender cenderung lembut seperti bubur. Apalagi bila digunakan untuk menghaluskan bahan dengan kandungan banyak ataupun ditambah cairan.

Baik chopper maupun blender sama-sama mempermudah pekerjaan kita. Namun, fungsi keduanya tidaklah sama. Makanya, kita harus cermat saat menggunakannya supaya sesuai dengan hasil yang diharapkan.