Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Meskipun murah, kita tidak boleh meremehkan singkong. Banyak lho makanan enak yang dibuat dari singkong. Misalnya saja seperti sawut singkong. Jajanan khas Yogyakarta ini punya cita rasa yang unik. Ada rasa gurih dan manis karena parutan kelapa serta campuran gula jawa. Untuk mencicipinya, kita tidak perlu repot-repot ke Yogyakarta, kok. Soalnya, kudapan ini bisa kita buat sendiri. Tapi, sebelum membuatnya, ikuti tips di bawah ini agar sukses dan lezat, ya.

1. Merendam singkong sebelum diparut

Setelah singkong dikupas, anda disarankan untuk tidak langsung memarutnya. Singkong yang sudah dikupas sebaiknya direndam dulu menggunakan air bersih. Setelah 15 menit, barulah kita bisa memarut singkong. Cara ini dapat membuat singkong menjadi tidak pahit. Selain itu, singkong juga akan terasa legit.

Baca juga: 4 Tips Mengolah Singkong yang Benar, Aman & Enak

2. Menggunakan parutan berukuran sedang

Ketika membaca resepnya, cara membuat sawut singkong memang terlihat sederhana. Tapi, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan juga lho. Salah satunya ialah parutan untuk membuat singkong. Agar teksturnya terasa, kita harus menggunakan parutan sedang. Menggunakan parutan kecil malah akan membuat tekstur khasnya menghilang.

3. Mengaduk adonan sawut singkong

Ada kalanya gula merah pada sawut singkong buat tidak tercampur merata. Alhasil, rasanya menjadi kurang ‘nendang.’ Untuk menghindarinya, kita dapat mengaduk kembali adonan sawut yang sudah setengah matang. Jadi, jika sudah dikukus 10 menit, buka kembali panci kukusan dan aduk adonannya. Setelah diaduk, kita dapat mengukusnya kembali hingga matang.

4. Menggunakan daun pandan

Rasa manis sawut singkong memang menggoda. Tapi, senikmat apapun rasanya, tentu akan lebih sedap lagi jika aromanya lebih terasa. Untuk itu, gunakan daun pandan. Kita cukup menambahkan potongan daun pandan pada adonan sawut sebelum dikukus. Dijamin, aroma sawut singkong yang sudah matang menjadi lebih menggoda.

5. Tidak mengukus singkong terlalu lama

Salah satu ciri khas sawut singkong ialah terasa sedikit kenyal ketika dimakan. Karena itu, singkong yang sudah diparut tidak boleh dikukus terlalu lama. Waktu ideal untuk mengukus singkong ialah sekitar 20 menit. Jika lebih, tekstur sawut singkong nantinya malah menjadi terlalu lembek. Selain itu, singkong malah menjadi lengket.

6. Pilih kelapa yang tidak terlalu tua maupun muda

Untuk taburan kelapa parut, kita sebaiknya menggunakan kelapa setengah tua, yang rasanya gurih dan sedikit manis. Teksturnya juga masih lembut dan mudah dicerna. Untuk memilih kelapa setengah tua, carilah kelapa yang dagingnya masih lentur. Juga, pilihlah yang kulit arinya berwarna kuning atau kecoklatan.

Meskipun dikenal sebagai jajanan pasar, kita juga bisa lho mengolah sendiri sawut singkong. Jika mengikuti tips di atas, dijamin deh rasanya akan gurih, legit, dan manis.

Coba Resep: Sawut Singkong Gunung