(Image: Shutterstock)

Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Anda pasti ingin mematangkan telur rebus sesuai dengan keinginan. Ada yang menyukai telur setengah matang dengan tekstur yang creamy alias tidak padat. Sebaliknya, ada pula yang menyukai telur rebus matang sempurna. Belum lagi anda yang menyukai telur dengan bagian putih matang sempurna, namun masih lembut kuning telurnya. Meski terlihat kompleks, tapi mematangkan telur sesuai keinginan ini tidaklah sulit, kok.

Proses memasak telur sebenarnya sederhana saja. Cukup didihkan air, lantas rebus telur di dalamnya. Yang tricky adalah menentukan tingkat kematangannya. Apalagi bagian dalam telur tidak bisa terlihat karena terhalang cangkang. Sekarang, anda tidak perlu kebingungan lagi. Tingkat kematangan telur sesuai harapan bisa anda dapatkan dengan mencermati lama waktu merebusnya. Waktu ini dihitung ketika telur mulai dimasukkan dalam air mendidih, ya. Simak rangkuman ResepKoki berikut ini.

2 Menit

Anda akan mendapatkan telur setengah matang dengan bagian putih yang masih sangat lembut dan bagian kuning yang masih berbentuk cair.

4 Menit

Jika menginginkan telur rebus setengah matang dengan tekstur yang menyerupai poached eggs (bagian putih telur kokoh namun kuning telur masih cair), rebuslah dengan lama waktu ini. Telur ceplok air yang sempurna pun akan tersaji dalam piring anda.

Baca juga: Tips Membuat Poached Egg yang Sempurna

5 Menit

Telur yang direbus dalam waktu 5 menit memiliki bagian putih yang sudah kokoh. Kuning telur tidak bisa dibilang padat dan tidak bisa dibilang cair juga. Teksturnya lebih kental namun belum benar-benar kokoh. Warnanya juga tidak berubah jadi lebih pucat.

6 Menit

Dalam selang satu menit, kuning telur akan lebih kokoh teksturnya, namun masih agak kental di bagian tengah. Warna kuning telur bergradasi dari agak pucat di pinggirnya karena sudah matang dan memadat hingga lebih cerah di bagian tengah karena belum benar-benar matang. Di sini, tekstur kuning telur lebih creamy.

7-8 Menit

Memasak telur dalam waktu 7 menit menghasilkan telur yang matang mulai dari luar hingga dalam. Warna kuning telur juga memucat seluruhnya. Namun, jika disentuh, masih agak lembut teksturnya.

9-10 Menit

Waktu memasak ini menghasilkan telur rebus yang benar-benar matang sempurna. Bagian putih dan kuning telur matang dan memadat. Kuning telur sudah mengeras seluruhnya namun merata warna kuning pucatnya.

>10 Menit

Hindari memasak telur lebih dari 10 menit jika tidak ingin telur rebus terlalu matang. Ciri telur rebus terlalu matang adalah munculnya selaput berwarna keabu-abuan di bagian luar kuning telur. Jika dipotong melintang, selaput abu-abu tersebut terlihat seperti cincin. Telur rebus seperti ini sangat keras bagian kuning telurnya sehingga terasa berpasir saat disantap.

Itulah cara mudah menentukan tingkat kematangan telur berdasarkan waktu memasaknya. Sesuaikanlah berdasarkan aneka kebutuhan dan selera anda. Telur rebus yang pas kematangannya tentu bisa menambah kenikmatan bersantap. Selamat mencoba!