(Image: Shutterstock)

Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Bau tak sedap berkat sisa lemak seringkali kita temukan di dalam kotak bekal bekas pakai. Selain beraroma tengik, permukaan kotak bekal juga jadi licin. Jika tidak dibersihkan dengan seksama, bau dan tekstur licin tersebut bertahan lama bahkan makin berkembang alias semakin tidak enak.

Jangan khawatir. Berikut ini, ResepKoki akan menghadirkan cara mudah untuk menghilangkan bau tak sedap dan sisa lemak di kotak bekal Anda. Terutama jika kotak makan anda terbuat dari plastik serta mudah menyerap bau tak sedap dan sulit dibersihkan dari sisa lemak.

1. Segera cuci kotak bekal

Mencuci kotak bekal langsung setelah digunakan tentu akan mencegah aroma tak sedap berkembang di dalamnya. Jika terburu-buru, kucuri saja dahulu kotak bekal dengan air hingga sisa-sisa lemak atau bumbu yang menempel terbuang, lalu rendam kotak bekal di dalam air sabun. Gunanya adalah agar bau dan minyak dari makanan langsung terbawa oleh sabun pencuci piring.

2. Memasukkan kertas koran bekas dalam kotak bekal

Koran dengan serat kertas lembutnya adalah bahan ekonomis yang mampu menyerap bau tak sedap dan minyak dengan baik. Punya koran bekas bertumpuk dan tak terpakai? Gunakan saja untuk keperluan ini. Caranya, cukup remas koran dan penuhi kotak bekal plastik anda dengannya, lalu tutup dan biarkan semalaman. Lalu, cuci kotak bekal dan ulangi jika baunya belum hilang sempurna.

3. Menyerap bau dengan arang

Bukan rahasia lagi kalau arang merupakan bahan dengan kemampuan menyerap bau yang baik. Untuk menggunakannya, letakkan arang ke dalam wadah yang berbau. Lantas, tutup kotak bekal dan biarkan semalaman atau hingga bau pada kotak makanan hilang. Semakin lama dibiarkan akan semakin baik dalam menghilangkan bau di wadah plastik. Namun, cara ini bisa meninggalkan bekas kehitaman. Cukup cuci dengan air dan sabun untuk menghilangkannya. Dijamin bau dan sisa minyak hilang tak bersisa.

4. Menggunakan roti dan cuka

Bau cuka memang agak “ajaib”, namun siapa sangka ia mampu menghilangkan bau tidak sedap dan sisa lemak dari kotak bekal Anda? Caranya mudah saja. Kucuri kotak bekal dengan cuka hingga seluruh permukaannya terlapisi, lalu isi dengan roti tawar. Tutup rapat kotak bekal dan biarkan semalaman. Di pagi hari, segera cuci kotak bekal Anda dengan air sabun untuk menghilangkan residu cuka hingga benar-benar bersih.

5. Mengoleskan pasta baking soda

Bahan yang satu ini terkenal bisa membersihkan kulkas. Jika kulkas yang besar saja bisa dinetralkan aromanya dan hilang kotorannya, apalagi kotak bekal? Cukup campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta kental. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke seluruh permukaan kotak bekal. Biarkan seharian hingga baunya bisa hilang dengan sempurna. Ulangi jika perlu.

6. Memanfaatkan ampas kopi

Suka minum kopi di pagi hari? Anda bisa manfaatkan ampas atau limbahnya, lho, untuk membersihkan kotak bekal. Caranya, letakkan ampas kopi ke dalam wadah makanan yang berbau lalu tutup. Biarkan semalaman agar bubuk kopi bisa menyerap sisa-sisa tidak sedap dari kotak bekal Anda. Kemudian, cuci dengan air mengalir dan sabun cuci piring.

7. Mengandalkan lemon/jeruk nipis

Berbeda dengan cara lainnya, kali ini bahan dioleskan ke kotak bekal setelah ia selesai dicuci. Caranya, ambil lemon atau jeruk nipis lalu belah dua. Oleskan jeruk nipis atau lemon tersebut ke dalam wadah yang berbau dan kotor. Biarkan hingga ia kering dan ulangi bila perlu. Jika bau sudah hilang, bilas sampai bersih.

Nah, menghilangkan bau dan sisa lemak di kotak bekal tidak sesusah yang anda bayangkan, bukan? Yuk, terapkan agar kotak bekal selalu bersih dan segar.