Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Seiring dengan perkembangan zaman, singkong yang semula identik dengan makanan kampung kini berubah menjadi primadona. Aneka olahan singkong yang lezat banyak bermunculan seperti getuk, thiwul, donat, singkong keju, tape singkong, dan masih banya lagi. Saya sendiri termasuk cukup sering mengolah singkong di rumah. karena selain bisa diolah menjadi aneka makanan lezat, harga singkong juga sangat terjangkau.

Sayangnya, ternyata mengolah singkong tak semudah kelihatannya. Karena singkong mengandung beberapa senyawa yang  bisa berubah menjadi racun jika tidak diolah atau dimasak dengan benar. Alhasil, anda harus benar-benar teliti ketika mengolah singkong agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal. Berikut ini saya sajikan langkah-langkah mengolah singkong yang baik dan benar.

1. Diamkan singkong terlebih dahulu

Setelah umbi singkong dicabut dari tanah, anda tidak bisa langsung mengolahnya. Sebaiknya, diamkan dulu singkong selama 1-2 hari. Bahkan, untuk jenis singkong yang cenderung pahit, anda harus mendiamkannya selama minimal 1 minggu. Hal tersebut bertujuan agar kandungan racun dalam singkong bisa menguap. Sehingga anda pun bisa terhindar dari risiko keracunan yang mungkin terjadi. Tapi anda yang langsung membelinya di pasaran, baik pasar tradisional atau supermarket, tidak perlu khawatir lagi. Itu berarti singkong yang dibeli sudah siap olah, kok.

2. Kupas kulit singkong

Sebelum diolah, anda harus mengupas kulit singkong terlebih dahulu. Kulit singkong memiliki lapisan yang cukup tebal, namun mudah dikupas. Agar lebih mudah mengupasnya, potong-potong singkong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu, lalu silet salah satu bagian dan kupas searah sampai seluruh kulit terlepas. Anda bisa menyisihkan kulit singkong tersebut untuk diolah menjadi aneka olahan lezat di lain waktu.

3. Bersihkan singkong dengan benar

Meskipun sudah didiamkan beberapa lama, racun dalam singkong kemungkinan masih ada. Nah, untuk menyiasatinya, anda harus memotong-motong singkong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lalu mencucinya di air mengalir sampai benar-benar bersih dan bebas dari tanah.

Tak hanya itu, setelah dicuci, anda perlu merendam singkong dalam air bersih yang banyak selama beberapa saat. Fungsi perendaman adalah untuk ‘menarik’ racun dengan menggunakan air. Setelah direndam, cuci kembali singkong di air mengalir demi memastikan singkong benar-benar aman untuk dikonsumsi.

4. Rebus singkong terlebih dahulu

Agar singkong lebih empuk, anda bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum diolah. Masukkan singkong saat air sudah mendidih dan tunggu sampai singkong sudah setengah matang. Usahakan jangan merebus terlalu matang agar singkong tidak terlalu lembek nantinya. Kecuali jika anda memang berniat membuat olahan dari singkong yang dihaluskan.

Dengan mengikuti tips di atas, dijamin deh anda bisa mengolah singkong dengan lebih aman dan sehat. sekarang, anda bisa menyajikan aneka olahan lezat dari singkong tanpa takut keracunan. Jadi, mau diolah jadi apa singkong anda hari ini?

  1. Resep Singkong Thai
  2. Resep Singkong Keju
  3. Resep Misro
  4. Resep Combro
  5. Resep Getuk Goreng