Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Siapa sih yang tidak suka mie? Rasanya mulai dari anak-anak sampai dewasa semua menyukainya. Wajar saja, tekstur mie yang lembut dan kenyal serta penambahan bumbu yang gurih bisa memanjakan lidah siapa pun yang mencicipinya. Selama ini, kebanyakan masyarakat mengolah mie hanya dengan cara dimasak kuah atau goreng. Padahal sebenarnya mie bisa dikreasikan menjadi aneka olahan lezat yang bergizi. Coba deh intip dulu aneka makanan lezat di bawah ini.

1. Pizza

Bisa dibilang, pizza mie ini sebenarnya sama saja dengan omelet, karena mie dicampur dengan telur yang berfungsi sebagai perekat. Tapi jangan salah, rasa pizza mie ini sangat nikmat. Anda bisa menambahkan berbagai bahan makanan lezat seperti daging, sayuran, bahkan keju ke dalam pizza mie. Panggang sebentar dalam teflon. Jika pizza sudah matang, siram dengan saus khusus dan sajikan selagi masih hangat.

2. Arem-arem

Jika biasanya arem-arem terbuat dari nasi gurih, maka kali ini anda bisa membuatnya dengan bahan dasar mie, lho. Mie yang sudah direbus lalu dibuat menjadi ‘adonan kulit’. Setelah itu, anda bisa mengisinya dengan berbagai makanan seperti daging, sayur, atau ati ampela. Ikat arem-arem dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. Arem-arem yang lezat siap untuk dinikmati.

3. Kroket

Bosan dengan kroket yang itu-itu saja? Kenapa anda tidak coba membuat kroket mie? Remas atau remukkan mie kering, lalu direbus sampai matang. Setelah itu, anda bisa mencampur mie tersebut ke dalam adonan kroket dan goreng seperti biasanya. Jika kroket sudah matang, sajikan dengan sambal dan mayonaise agar rasanya makin nikmat.

4. Schotel

Biasanya, schotel terbuat dari makaroni yang dipanggang dengan bahan lainnya. Tapi jika anda bosan dengan makaroni, anda bisa menggunakan mie  sebagai bahan utama pembuatan schotel. Paduan antara lembutnya mie, enaknya adonan telur, dan gurihnya keju dijamin bisa memanjakan lidah.

5. Bakwan mie

Jika anda ingin olahan mie yang lebih simpel, anda bisa mencoba membuat bakwan mie. Cukup buat adonan dari sedikit tepung terigu, mie yang sudah direbus, wortel, dan bawang daun, lalu goreng sampai matang. Tekstur bakwan mie yang renyah dan rasanya yang gurih pasti membuat anda ketagihan.

6. Nugget

Terakhir, anda juga bisa mengolah mie menjadi nugget. Cara membuatnya sama seperti membuat nugget pada umumnya, hanya saja anda perlu menambahkan mie yang sudah direbus ke dalam adonan nugget. Rasa nugget yang gurih, manis, lembut di dalam namun kriuk di luar dijamin akan sangat disukai oleh keluarga anda.

Itu dia aneka olahan lezat yang bisa anda buat dengan menggunakan mie. Kira-kira olahan apa yang paling menggugah selera makan anda?

6 Resep Mie Unik & Istimewa Homemade Simpel
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)