(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Penyajian sayuran yang itu-itu saja seringkali membuat bosan. Kalau tidak ditumis, dimasak berkuah, ya dikukus atau dimakan mentah. Padahal sayuran itu sangat penting dikonsumsi setiap hari lho. Karena itulah, saya sering memutar otak untuk mengolah sayuran yang tidak seperti biasanya. Nah, salah satu trik yang saya lakukan adalah menggorengnya dalam balutan tepung.

Dan ternyata sangat disukai oleh keluarga saya. Bahkan, si kecil sering minta untuk jadi camilan. Sehatnya dapat, enaknya juga dapat. Apa saja sayuran yang cocok untuk diolah dengan cara goreng?

1. Terong

Ketika sudah dimasak, terong akan terasa gurih, manis, dan meleleh di mulut. Lalu bagaimana jika dipadukan dengan gurih dan renyahnya tepung goreng? Pasti rasanya akan sangat unik di mulut. Anda bisa memotong terong mentah dengan bentuk serong atau bulat. Pastikan ukuran terong tidak terlalu tipis atau terlalu tebal agar terong tidak hancur ataupun masih mentah ketika disajikan.

2. Brokoli

Selama ini, brokoli identik sebagai sayuran yang tidak disukai banyak orang. Padahal gizi brokoli sangat baik lho bagi kesehatan. Agar terasa enak, anda bisa mengolah brokoli dengan cara goreng tepung. Caranya, cukup celupkan brokoli yang sudah dicuci bersih dan dipotong jadi kuntum-kuntum kecil ke dalam adonan tepung, lalu goreng sampai matang. Brokoli goreng tepung yang lezat pun siap dinikmati.

3. Kembang kol

Selain brokoli, anda juga bisa menggunakan kembang kol untuk dibuat goreng tepung. Tekstur kembang kol yang renyah dan empuk pasti akan sangat disukai keluarga anda. Apalagi rasanya lebih netral dan manis dibanding brokoli.

4. Buncis

Mungkin belum banyak yang tahu, buncis ternyata sangat enak, lho, digoreng tepung. Rasa buncis yang renyah dan manis akan sangat cocok dengan balutan tepung gurih dan garing. Pertama-tama, cuci buncis sampai bersih,  buang serat di kedua pinggirannya, langsung celupkan ke dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas sampai matang. Buncis goreng tepung pun akan lebih enak dinikmati selagi hangat.

5. Bayam

Sejak dulu, keripik bayam sudah menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan nikmat. Daun yang yang tipis akan berubah menjadi sangat renyah ketika digoreng dengan balutan tepung. Pastikan anda menggunakan bayam berdaun lebar agar lebih enak dan mudah untuk diolah.

6. Wortel

Terakhir, anda bisa membuat wortel goreng tepung yang gurih, manis, dan renyah. Potong wortel menjadi beberapa bagian, lalu masing-masing bagian bagi lagi menjadi 4 dengan bentuk memanjang. Karena teksturnya keras, pastikan anda mengukus atau merebus wortel terlebih dahulu, agar wortel matang sempurna dan teksturnya jadi empuk.

Itu dia aneka sayuran yang lezat digoreng tepung. Adakah yang menjadi favorit anda? atau mungkin anda punya rekomendasi sayuran lain yang bisa diolah dengan cara goreng tepung?