Penulis: Tia | Editor: Ria

Merebus sayuran hijau seperti brokoli memang cukup tricky. Kalau terlalu sebentar, masih keras dan berasa mentah. Kalau terlalu lama, warnanya akan berubah menjadi pucat dan keabu-abuan. Sangat tidak cantik deh pokoknya untuk dihidangkan.

Nah, supaya brokoli dapat direbus dengan tepat dan warnanya tetap hijau, ResepKoki punya 5 tips yang bisa anda praktikkan langsung. Simak yuk di bawah ini!

1. Gunakan air yang banyak dan rebus hingga mendidih

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk merebus brokoli adalah menyiapkan air rebusan yang cukup banyak, kira-kira sekitar ⅔ panci. Volume air yang cukup banyak ini akan membuat brokoli yang sudah matang jadi mengapung. Jadi, anda tidak perlu takut brokoli akan overcooked dan berubah warna.

Sebelum brokoli dimasukkan, air dalam panci ini harus anda rebus terlebih dulu hingga mendidih. Merebus brokoli setelah air mendidih akan menutup pori-pori brokoli dengan cepat, sehingga warnanya tidak mudah berubah dan nutrisinya tidak banyak terbuang.

Baca juga: Kembang Kol dan Brokoli: Tips Saat Membeli, Membersihkan, dan Memasak yang Baik

2. Tambahkan 1 sendok teh garam ke dalam air rebusan

Sama seperti sayuran hijau lainnya, brokoli juga mengandung klorofil; yang mana memberikan warna hijau cantik pada sayuran. Untuk menjaga agar warna hijau cantik ini tidak berubah selama direbus, penambahan garam ke dalam air rebusan tidak boleh dilupakan. Anda cukup menambahkan 1 sdt garam untuk setiap 250 ml air. Garam ini nantinya akan berfungsi sebagai pencegah agar klorofil tidak berubah warna.

Baca juga: Aneka Jenis Garam dan Kegunaan Sehari-hari

3. Jangan tutup panci saat memasak brokoli

Ketika sayuran hijau seperti brokoli dimasak, klorofil akan memproduksi gas karbondioksida. Gas ini harus dibiarkan menguap agar tidak membuat klorofil berubah warna menjadi keabu-abuan. Maka dari itu, selama merebus brokoli, panci harus tetap dalam keadaan terbuka supaya gas karbondioksida tidak terjebak di dalam. Selain merubah warna, gas karbondioksida juga dapat membuat brokoli mengeluarkan aroma tidak sedap.

4. Masak hingga empuk, bukan lembut

Merebus sayuran itu tidak perlu lama-lama. Selain karena warnanya akan jadi pucat, nutrisinya juga jadi meluruh bersama air. Sayuran hanya perlu anda masak hingga empuk saja. Untuk brokoli, sekitar 5 menit. Jangan sampai lembut karena artinya itu sudah overcooked. Mengetahui sudah empuk atau belum, anda bisa menusukkan garpu ke brokoli. Kalau garpu dapat menusuk dengan mudah, artinya brokoli sudah matang.

5. Rendam di air es

Saat kompor sudah dimatikan, bukan berarti proses memasak brokoli sudah selesai. Panas yang masih berada di dalam brokoli akan terus melakukan proses memasak. Dan tanpa disadari, brokoli sudah overcooked dan berubah warnanya.

Proses memasak ini harus dihentikan secepat mungkin setelah kompor mati. Caranya, rendam brokoli ke dalam semangkuk air es. Air es ini akan menurunkan suhu pada brokoli sehingga proses memasaknya berhenti. Hasilnya, brokoli pun tetap berwarna hijau cantik dan tekstur renyahnya masih terjaga. Kalau di rumah anda tidak tersedia air es, brokoli bisa direndam di air bersuhu ruangan. Tapi, harus air matang ya. Supaya tidak ada bakteri yang menempel lagi pada brokoli.

Baca juga: 5 Cara yang Baik Untuk Preparasi Bahan Makanan dan Bumbu Masak

Itulah 5 tips merebus brokoli supaya warnanya tetap hijau cantik. Ternyata cukup mudah, ya. Asalkan kelima tips di atas dilakukan dengan benar, brokoli rebus berwarna hijau akan tersaji cantik di atas meja makan anda. Selamat mencoba!