Penulis: Tia | Editor: Ria

Tidak hanya urusan variasi snack, menentukan menu apa yang akan disajikan sebagai suguhan makan berat saat arisan juga cukup membingungkan bagi tuan rumah. Ingin ada menu yang beda, harus lengkap, citarasa harus seimbang, dan masih banyak lagi. Pastinya, menunya juga tidak bisa yang terlalu aneh-aneh supaya semua orang suka dan bisa menyantapnya.

Nah, di bawah ini, ResepKoki punya 8 menu pilihan yang bisa anda suguhkan sebagai makan besar di arisan besok. Menunya sudah pasti lengkap dan rasanya pun seimbang. Menu apa sajakah itu? Simak, yuk!

1. Nasi Liwet Sunda

Untuk makan besar, nasi sudah pasti jadi suguhan utama. Tapi untuk arisan kali ini, daripada nasi putih biasa, anda bisa sedikit bervariasi dengan menyuguhkan nasi liwet Sunda. Olahan nasi yang harum dan memiliki rasa gurih ini akan menggugah selera makan tamu-tamu anda. Belum lagi dengan taburan teri medan di atasnya. Sepertinya, anda harus memasaknya dalam porsi banyak, karena pasti akan ludes dalam sekejap!

Coba: Resep Nasi Liwet Sunda

Nasi liwet biasanya dimasak dengan panci kastrol. Kalau tidak punya, anda bisa masak nasi liwet pakai rice cooker. Jangan khawatir, hasil sama-sama pulen dan wangi.

Image: Lazada

Rice cooker Cosmos CRJ-3306 (Lihat di Lazada) merupakan pilihan yang tepat untuk bikin nasi liwet. Kapasitasnya pas untuk arisan skala kecil, yakni 1,8 liter. Rice cooker ini dilapisi dengan lapisan anti lengket yang bebas PFOA. Sehingga, tidak berbahaya, aman, dan awet untuk digunakan.

2. Mie Goreng Jawa

Di berbagai acara, seperti arisan, mie juga sering menjadi suguhan alternatif bagi para tamu yang tidak ingin makan terlalu berat. Jadi, tidak ada salahnya kalau anda turut menyertakan mie sebagai suguhan arisan.

Supaya praktis, mie bisa anda goreng dengan bumbu ala Jawa yang manis dan gurih. Yang membedakan mie goreng Jawa dengan mie goreng lainnya adalah pemakaian ebi dan kemiri pada bumbu halusnya. Jangan lupa menambahkan telur, bakso, dan kol untuk memperkaya rasa dan tekstur dari mie goreng Jawa ini, ya.

Coba: Resep Mie Goreng Jawa

3. Ayam Serundeng

Dalam suguhan makan besar apapun, menu ayam pasti tidak pernah terlupakan. Bisa diolah dengan berbagai cara serta bumbu, dan hampir semua orang menyukainya. Jadi, tidak ada salahnya kalau anda juga menyuguhkan menu ayam, seperti ayam serundeng ini.

Ayam diungkep dengan bumbu halus dan tambahan parutan kelapa tua, kemudian digoreng hingga cokelat keemasan. Rasa ayam yang gurih bercampur dengan serundeng kelapa yang garing ini akan menjadi lauk yang tepat untuk menu nasi liwet Sunda atau mie goreng Jawa anda.

Coba: Resep Ayam Serundeng

4. Kakap Asam Manis

Ikan kakap asam manis lezat

Menu suguhan makan besar harus memiliki rasa yang seimbang. Setelah menu-menu gurih, anda juga perlu menyuguhkan menu yang kaya rasa. Nah, olahan ikan kakap yang dimasak asam manis bisa jadi pilihan yang tepat.

Daging ikan kakap digoreng terlebih dulu dengan balutan tepung. Kemudian, disiram dengan saus asam manis yang kental dan lezat. Oh ya, kepala dan tulang ikan jangan buru-buru dibuang. Anda bisa menggunakannya lagi untuk mempercantik penyajian menu kakap asam manis ini.

Coba: Resep Kakap Asam Manis

5. Bakwan Tahu

Bakwan tahu murah

Selain menu lauk yang cukup berat, sebaiknya anda juga menyuguhkan lauk yang ringan dan sekaligus bisa dijadikan kudapan. Bakwan tahu bisa jadi pilihan karena tidak hanya enak dikudap, tetapi juga cocok untuk dimakan bersama nasi liwet Sunda yang hangat. Selain itu, bakwan tahu pun sangat mudah dibuat lagi kalau sudah habis.

Hanya perlu menghaluskan tahu putih, campur dengan parutan wortel, telur, dan sedikit tepung, kemudian dibumbui garam dan merica. Goreng deh sampai matang.

Coba: Resep Bakwan Tahu

6. Plecing Kangkung

plecing kangkung tender

Nasi sudah, lauk pun sudah. Sekarang tinggal menyiapkan menu suguhan sayuran. Saya menyarankan untuk menyuguhkan 2 tipe sayuran, yang kering untuk disantap bersama nasi dan yang basah untuk disantap terpisah.

Untuk sayuran kering atau tanpa kuah, plecing kangkung bisa jadi salah satu pilihan. Kangkung hanya perlu dikukus atau rebus sebentar supaya teksturnya tetap renyah. Selain mudah dibuat, plecing kangkung juga disiram dengan sambal tomat yang segar. Jadi, cocok sekali untuk disantap bersama nasi liwet Sunda yang gurih.

Coba: Resep Plecing Kangkung

7. Sup Jagung

sup jagung lezat

Suguhan sayuran basah atau memiliki kuah ini biasanya disantap setelah makan nasi dan lauk-pauk. Alasannya, supaya meringankan perut yang penuh dan jadi tidak terasa begitu begah. Salah satu sayuran basah yang cocok disuguhkan di arisan adalah sup jagung.

Membuatnya sangat mudah, hanya perlu merebus jagung dan wortel di dalam kuah kaldu ayam. Jangan lupa untuk membumbuinya dengan bawang putih yang dihaluskan, garam, dan merica. Terakhir, masukkan telur yang dikocok lepas ke dalam sup, lalu aduk-aduk hingga terlihat seperti serabut. Rasanya yang gurih dan lembut pasti berhasil membuat perut anda merasa nyaman lagi.

Coba: Resep Sup Jagung

8. Sambal Bajak

Selain harus ada nasi, orang Indonesia kalau makan juga harus pakai sambal. Tidak perlu jenis sambal yang aneh-aneh. Cukup sambal bajak saja yang cocok untuk dicocol berbagai makanan.

Sambal bajak ini rasanya juga tidak terlalu pedas, karena bahan-bahan sudah ditumis dulu sebelum diulek dan ada campuran tomat serta terasi di dalamnya. Tapi, sambal bajak ini rasanya sangat menggugah selera, lho. Ampuh sekali untuk membuat tamu-tamu makan dengan lahap.

Baca juga: Aneka Jenis Sambal Khas Nusantara

(Image: Lazada)

Nah, itu dia suguhan lengkap untuk makan besar di arisan anda. Menunya lengkap dan pastinya memiliki gizi serta rasa yang seimbang. Supaya penyajiannya semakin menarik, hidangkan 8 menu di atas dengan Yvette Prasmanan Set of 5 (lihat di Lazada). Dengan wadah prasmanan ini, anda bisa menjaga makanan tetap hangat dan nikmat. Terbuat dari bahan stainless steel dengan tutup kaca yang cantik dan tahan panas, Yvette Prasmanan akan membuat hidangan anda semakin menggugah selera.

8 Menu Pilihan untuk Suguhan Makan Besar Arisan yang Lengkap & Seimbang
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 2 votes