(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Agar keluarga saya tetap sehat dan kebutuhan seratnya terpenuhi dengan baik, saya selalu mengusahakan untuk memasak sayuran setiap hari. Salah satu sayuran yang tidak pernah absen menghiasi meja makan di rumah saya adalah olahan dari sayuran hijau.

Masalahnya, sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, kacang panjang, dan asparagus itu sering berubah warna menjadi kecokelatan setelah dimasak. Memang sih, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada gizi dan rasa pada sayuran, tapi hal tersebut tentu saja bisa membuat tampilan makanan menjadi kurang menarik. Kalau sudah begitu, kita juga jadi malas makan.

Nah, kira-kira bagaimana sih tips memasak sayuran hijau agar tidak berubah warna menjadi kecokelatan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan sayuran segar

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika akan memasak sayuran hijau adalah perhatikan kesegarannya. Pastikan anda memilih sayuran hijau yang masih segar, agar warna hijaunya lebih cantik ketika dimasak. Hindari menggunakan sayuran hijau yang sudah disimpan berhari-hari dalam kulkas karena ketika dimasak warnanya jadi lebih tidak menarik.

2. Perhatikan waktu memasukkan sayuran

Sayuran termasuk ke dalam bahan makanan yang mudah matang. Karena itu, anda tidak perlu memasaknya terlalu lama. Cukup masukkan sayuran hijau beberapa saat sebelum kompor dimatikan. Selain menjaga warna sayuran tetap cantik, hal tersebut juga bisa membantu menjaga kandungan gizi dalam sayuran agar tidak berkurang terlalu banyak.

3. Rebus sayuran dengan benar

Khusus untuk sayuran rebus, ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk menjaga warna sayuran tetap cantik. Sayuran daun seperti kangkung, pokcoy, dan sawi harus direbus dengan panci yang tertutup, lalu segera angkat ketika sayuran tersebut sudah mulai terlihat layu. Sebaliknya, sayuran tertentu seperti daun singkong justru harus direbus dalam panci terbuka, agar zat penyebab warna coklat bisa ikut menguap keluar. Daun singkong pun akan tetap berwarna hijau cantik setelah direbus.

4. Tambahkan garam ketika merebus

Jika anda bermaksud memasak sayuran hijau dengan cara direbus, saya sarankan anda menambahkan sedikit garam pada air rebusannya. Selain bisa menjaga agar warna sayuran tetap cantik, penambahan garam juga bisa memberi rasa pada sayuran. Pastikan anda memasukkan sayuran ketika air sudah mendidih. Masak sebentar saja lalu celupkan sayuran ke dalam wadah berisi air dingin untuk menghentikan proses memasak pada sayuran yang juga bisa membuat warna hijaunya jadi kecoklatan. Jika  sayuran sudah lebih dingin, segera angkat dan tiriskan.

5. Pilih minyak zaitun ketika menumis

Terakhir, jika anda berniat membuat tumisan dari sayuran hijau, anda bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi menjaga nutrisi pada sayuran hijau anda. sehingga tak hanya lebih sehat, tumis sayuran hijau anda pun bisa tetap cantik tampilannya. Cukup masak sayuran hijau sebentar saja sebelum layu, lalu segera pindahkan ke piring saji.

Ternyata menjaga warna sayuran hijau agar tetap cantik itu sangat mudah ya. Sekarang, anda bisa menyajikan makanan berbahan dasar sayuran hijau yang tak hanya sehat dan lezat, tapi juga memiliki tampilan yang cantik dan menarik.

5 Tips Memasak Sayuran Hijau Agar Tetap Cantik & Tidak Berubah Kecoklatan
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 1 vote