Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Anda pecinta lumpia? Saja juga! Gorengan yang satu ini memang sangat menggoda. Apalagi jika dipotong-potong dan disirami dengan sambal kacang. Hmmm, nikmat!

Tapi, kebanyakan dari kita memilih untuk membeli lumpia dibandingkan membuatnya langsung. Soalnya, membuat kulit lumpia bukan hal yang mudah. Jika tidak hati-hati, kulit lumpia malah bisa robek ataupun lembek.

Meskipun demikian, sebenarnya ada tips lho untuk membuat kulit lumpia. Ingin tahu cara membuat kulit lumpia yang enak dan renyah? Cari tahu melalui ulasan di bawah ini yuk!

1. Mengaduk rata adonan

Kita semua tentu menginginkan kulit lumpia yang gurih sekaligus krispi. Makanya, kita tidak boleh sembarang mencampurkan adonan.

Untuk membuat adonan, kita memerlukan tepung terigu, garam, putih telur, dan air. Pertama-tama, kita dapat mencampurkan terigu dengan garam. Kemudian, barulah putih telur dituangkan. Apabila sudah sudah diaduk merata, tuangkan air sedikit demi sedikit. Ketika menambahkan air, kita harus tetap mengaduk adonan. Bila adonan sudah tidak bergerindil, barulah kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Menggunakan wajan datar anti lengket

(Image: Lazada)

Agar kulit lumpia terlihat sempurna, sebaiknya kita menggunakan wajan yang memiliki permukaan rata serta terbuat dari bahan anti lengket, seperti Maxim Valentino Teflon Frypan 26 cm (lihat di Lazada). Wajan ini dilapisi zat anti lengket dari Teflon Classic yang aman dan bebas PFOA. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tetap mengoleskan wajan dengan sedikit minyak atau mentega. Supaya tidak ada risiko adonan kulit jadi lengket.

Bila tidak ingin repot mengolesi wajan setiap kali akan membuat dadar, anda juga bisa langsung menambahkan minyak ke dalam adonan kulit. Tidak perlu banyak, cukup 2 sdm saja, lalu aduk hingga rata.

3. Tidak membuat kulit lumpia yang terlalu tebal

Keberhasilan kulit lumpia juga ditentukan dari tebal-tipisnya. Apabila terlalu tebal, lumpia tentu jadi kurang nikmat dengan tumpukan kulit di semua sisinya. Begitu pula dengan kulit lumpia tipis yang mudah robek ketika dilipat. Jadi, buatlah kulit lumpia yang ketebalannya pas. Kita bisa mengetahui ketebalan yang pas setelah beberapa kali mencoba.

Tuang adonan dengan takaran tertentu lalu segera putar wajan/teflon agar adonan rata mengelilinginya. Ingat, anda harus cepat saat melakukan gerakan memutar wajan/teflon. Sebab, adonan yang menyentuh wajan/teflon panas akan cepat sekali set -memadat dan matang.

4. Memasak dengan api kecil

Karena kulit lumpia sangat cepat matang, anda harus gunakan api kompor kecil agar matangnya bisa merata. Kulit lumpia yang sudah matang akan terlihat mengering di bagian pinggirnya. Selain itu, pinggiran kulit juga akan terkelupas sehingga kita mudah mengambilnya.

Membuat sendiri kulit lumpia ternyata tidak sesulit yang ada di bayangan. Ikuti saja langkah-langkah di atas untuk hasil kulit yang tidak mengecewakan. Selamat mencoba aneka sajian dengan kulit lumpia berikut.

4 Tips Membuat Kulit Lumpia Sukses yang Tipis & Tidak Mudah Sobek
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote