Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Musim durian sudah tiba. Sepanjang jalan, saya bisa melihat begitu banyak penjual durian dadakan yang menjajakan berbagai jenis durian dengan harga yang beragam. Sebagai salah seorang pecinta durian garis keras, saya tentu tidak melewatkan kesempatan tersebut. Dalam seminggu, saya bisa sampai tiga kali membeli durian.

Untungnya, keluarga saya juga hampir semuanya menyukai buah tersebut. Atau kalaupun ada yang tidak suka, mereka tidak keberatan sama sekali dengan bau durian yang terkenal cukup menyengat dan tidak disukai oleh sebagian orang.

Setelah puas makan durian, ada satu hal yang menjadi PR, yaitu bagaimana caranya menghilangkan bau durian di tangan yang tak kunjung mau hilang. Meskipun tidak berbahaya, tapi bau tersebut cukup mengganggu. Terlebih lagi, jika anda hendak bepergian dan bertemu dengan orang lain.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, saya punya tips nih bagaimana caranya menghilangkan bau durian yang menempel di tangan. Simak terus ya selengkapnya di bawah ini

1. Cuci tangan dengan air lundang

Jika selama ini anda langsung membuang kulit durian setelah durian dikupas, maka sebaiknya anda mengubah kebiasaan tersebut. Karena ternyata kulit durian akan sangat anda butuhkan lho. Ternyata mencuci tangan setelah makan durian dengan air lundang, atau air yang dituangkan pada cekungan dalam pada kulit durian, bisa mengurangi bau tajam dari durian. Gunakan air tersebut untuk mencuci tangan sampai bau durian benar-benar hilang.

2. Cuci tangan yang digunakan untuk makan terlebih dulu

Bukan rahasia lagi jika makan durian itu paling enak menggunakan tangan langsung, tanpa alat makan seperti sendok dan garpu. Jadi, bau durian pun otomatis akan menempel di jari atau telapak tangan yang digunakan untuk makan. Karena itulah, sebaiknya anda menghindari mencuci kedua tangan secara bersamaan. Hal tersebut hanya akan membuat bau durian menyebar ke tangan yang tidak dipakai makan.

Jika anda right-handed, cucilah dulu tangan kanan. Baru setelah bersih, anda bisa mencuci tangan sebelah kiri. Terakhir, cuci tangan anda bersamaan demi memastikan tangan anda benar-benar bebas dari bau durian yang menempel.

3. Cuci tangan dengan menggunakan sabun

Meskipun dengan menggunakan air lundang saja sudah bisa menghilangkan sebagian besar bau durian pada tangan, tapi tidak ada salahnya anda kembali mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Selain bisa memastikan tangan anda benar-benar bebas dari bau durian, mencuci tangan dengan sabun juga bisa sekalian membunuh kuman yang ada di tangan, sehingga tangan anda lebih sehat dan steril.

Dengan menerapkan salah satu cara di atas setelah makan durian, dijamin deh tangan anda akan bebas dari bau durian yang menyengat. Selamat pesta durian!