Penulis: Tia | Editor: Ria

“Belum makan namanya kalau belum makan nasi!” Begitulah kira-kira yang sering orang Indonesia ucapkan. Kalau belum ada nasi yang masuk ke perut, ya belum kenyang rasanya. Saya pun dulu sering begitu. Tapi akhir-akhir ini, saya berusaha untuk lebih rajin mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain. Alasannya sih supaya makanan saya lebih bervariasi. Sehingga otomatis zat gizi yang masuk ke tubuh pun lebih beragam.

Kalau anda juga sama seperti saya, sedang ingin mengganti nasi dengan makanan lain, ResepKoki punya beberapa alternatif yang bisa dicoba. Apa saja makanan tersebut? Cek di bawah ini, ya.

1. Mashed potato

Mashed potato gurih

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang paling sering digunakan untuk menggantikan nasi. Bisa digoreng jadi french fries atau kalau anda mau yang lebih rendah kalori, dibuat saja jadi mashed potato.

Mashed potato adalah kentang rebus yang ditumbuk, kemudian dicampur dengan susu dan mentega. Rasanya sangat lembut, creamy, dan gurih. Disantap tanpa lauk, mashed potato ini sudah cukup nikmat, lho. Tapi untuk melengkapi kebutuhan gizi, sebaiknya tambahkan juga lauk protein seperti spicy chicken wings atau chicken katsu.

Coba: Resep Mashed Potato

2. Mie ‘shirataki’ rebus

Image: seriouseats.com

Shirataki sedang menjadi tren akhir-akhir ini, terutama bagi penggiat diet ketogenik karena memiliki 0 kalori. Shirataki yang banyak ditemukan memiliki rasa dan bentuk menyerupai bihun.

Salah satu cara mudah mengolah mie shirataki adalah merebusnya di air kaldu; bisa kaldu ayam, kaldu sapi, bahkan kaldu jamur. Kemudian, beri bumbu seperti bawang putih, garam, ebi, dan merica supaya rasanya gurih. Terakhir, tambahkan sawi dan telur untuk memperkaya gizinya. Hidangkan dengan potongan cabai rawit dan bawang goreng, wah rasanya tidak kalah dengan mie instan, deh.

Baca juga: Mengenal Konnyaku dan Kegunaannya dalam Masakan

3. Spaghetti aglio olio

Spaghetti aglio olio simpel

Sama seperti kentang, pasta seperti spaghetti juga sudah lazim digunakan sebagai pengganti nasi. Mengenyangkan, kalorinya lebih rendah, dan pastinya mudah diolah. Salah satu olahan mudah untuk spaghetti adalah dimasak aglio olio, yaitu ditumis dengan hanya minyak zaitun dan bawang putih saja.

Anda bisa menambahkan berbagai topping, seperti daging asap atau daging ayam suwir untuk memperkaya rasa spaghetti aglio olio ini. Dan kalau ingin menyantapnya pedas-pedas, anda tinggal tambahkan irisan cabai rawit atau bubuk cabai saja, deh. Simpel, 15 menit saja sudah siap santap.

Coba: Resep Spaghetti Aglio Olio

4. Nasi kembang kol goreng

Image: onceuponachef.com

Kembang kol jadi pengganti nasi? Bisa, kok! Setelah diolah menggunakan food processor, kembang kol akan berbentuk butiran dan memiliki tekstur yang menyerupai nasi. Jadi, bisa dimasak selayaknya nasi biasa, termasuk menjadi “nasi” goreng.

Bumbu untuk membuat “nasi” gorengnya pun sama. Ada bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit kecap. Anda bisa juga menambahkan telur dan daging ayam suwir untuk menambah kandungan proteinnya. Kalau sudah matang, jangan lupa diberi taburan bawang goreng dan daun bawang, ya.

Coba: Resep Nasi Goreng Jawa (Kampung)

5. Timus ubi jalar

Timus Ubi Simpel

Ubi jalar yang bisa ditemukan di Indonesia dengan mudah ini ternyata memiliki kandungan karbohidrat, lho. Tidak sebanyak nasi, tapi cukup untuk memberikan tenaga saat beraktivitas seharian.

Kalau bosan menyantap ubi jalar yang hanya direbus atau dikukus, olah saja menjadi timus. Ubi jalar dikukus dan dilumatkan hingga halus. Kemudian campur dengan tepung tapioka, vanili, gula, dan garam sampai rata. Ambil adonan secukupnya, bentuk jadi bulat lonjong, dan goreng deh hingga matang. Timus ubi jalar memang lebih sering menjadi kudapan. Tapi, untuk disantap sebagai sarapan pun juga mengenyangkan, kok.

Coba: Resep Timus Ubi Jalar

6. Singkong keju

Tidak hanya ubi jalar, singkong juga merupakan umbi-umbian yang cocok disantap sebagai pengganti nasi. Bahkan, anda bisa menyantap singkong dengan berbagai lauk, lho. Singkong dapat memberikan citarasa gurih pada makanan anda.

Tapi kalau anda sedang butuh santapan yang lebih praktis, singkong keju bisa menjadi alternatif. Singkong dikukus hingga empuk dan dibumbui sedikit garam dan bawang putih. Kemudian, tambahkan parutan keju cheddar di atasnya. Anda juga bisa menggorengnya terlebih dulu sebelum diberi taburan keju untuk tekstur yang renyah tapi lembut di dalam.

Coba: Resep Singkong Keju

7. Smoothies bowl

Ingin menyantap yang segar-segar tapi juga tetap mendapat asupan karbohidrat? Smoothies bowl ini bisa jadi solusinya. Smoothies bowl terdiri dari smoothie, pisang, aneka berry, dan kacang-kacangan. Lengkap sekali, kan? Selain itu, smoothies bowl juga dapat membuat anda kenyang untuk waktu yang cukup lama.

Untuk membuat smoothies bowl ini, anda hanya perlu menguasai pembuatan smoothie saja. Biasanya, smoothie ini dibuat dari campuran buah beku, sayur beku, oat, dan susu yang diblender jadi satu. Kemudian, tuang ke dalam mangkuk berukuran sedang. Terakhir, tambahkan berbagai topping seperti pisang, strawberry, dan kacang-kacangan. Rasanya jangan ditanya: sangat nikmat dan segar!

Baca juga: 4 Bahan Isi Smoothie Bowl yang Sehat, Cantik, dan Enak

Nah, sekarang anda tahu kan kalau asupan karbohidrat untuk tenaga itu tidak cuma dari nasi saja? Banyak alternatif lain yang kalorinya lebih rendah tapi tidak kalah nikmatnya. Selamat mencoba!