Penulis: Tia | Editor: Ria

Di musim hujan seperti saat ini, minuman hangat memang jadi teman yang setia. Minuman hangat favorit saya adalah hot chocolate. Biasanya, saya membuat sendiri minuman hot chocolate ini. Rasanya tidak terlalu manis, tapi memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Nikmat sekali diminum di sore yang mendung.

Kalau anda juga tertarik ingin membuat hot chocolate sendiri, 7 tips di bawah ini perlu untuk diperhatikan. Apa saja? Simak bersama, yuk.

1. Gunakan dark cooking chocolate (DCC)

Nikmat atau tidaknya hot chocolate terletak pada bahan utama yang digunakan, yaitu cokelat. Untuk mendapatkan rasa cokelat yang kaya dan tekstur yang kental, gunakanlah dark cooking chocolate atau cokelat dengan kadar kakao 60-70%. Jangan takut rasanya akan pahit. Walaupun kadar kakaonya 60-70%, dark chocolate ini masih terasa manis kok. Kalau anda merasa manisnya kurang, nanti bisa ditambahkan gula sesuai selera.

Untuk mendapatkan dark cooking chocolate ini tidak sulit kok. Saat ini, dark cooking chocolate sudah banyak dijual di supermarket yang sering anda datangi. Harganya pun terjangkau. Jadi, tidak perlu ke toko bahan kue lagi kalau mau membelinya.

Baca juga: Apa Bedanya? Coklat Masak (DCC) vs Coklat Siap Makan

2. Panaskan susu, tapi jangan sampai mendidih

Yang membuat tekstur hot chocolate menjadi sedikit cair bukanlah air, melainkan susu. Tidak hanya mencairkan, susu ini juga akan memberikan citarasa yang creamy saat hot chocolate diteguk. Gunakanlah susu cair full cream untuk membuat hot chocolate dan panaskan menggunakan saucepan atau panci kecil yang bergagang dengan api kecil sambil sesekali diaduk-aduk.

Proses memanaskan susu cair ini harus diperhatikan benar-benar, lho. Susu tidak boleh sampai mendidih karena nanti konsistensinya bisa rusak.

Baca juga: Apa Bedanya? Susu Segar vs Susu UHT vs Susu Pasteurisasi

3. Iris cokelat menjadi potongan kecil

Untuk membuat hot chocolate, cokelat jelas perlu dilelehkan. Tapi, cokelat ini tidak bisa langsung 1 batang begitu saja dilelehkan. Anda perlu untuk mengiris cokelat menjadi potongan-potongan kecil; kira-kira sebesar kacang. Dengan begitu, cokelat akan meleleh dengan lebih cepat dan juga teksturnya lebih halus.

Baca juga: Aneka Jenis Coklat untuk Membuat Kue

4. Menuangkan susu panas ke potongan cokelat

Biasanya dalam membuat hot chocolate, irisan cokelat dilelehkan dengan cara dimasukkan ke dalam panci susu yang sedang dipanaskan. Namun saat melakukan cara ini, anda harus benar-benar memperhatikan proses pelelehannya supaya cokelat tidak gosong sekaligus susu tidak mendidih.

Untuk menghindari kegagalan tersebut, sebaiknya anda tuang saja susu panas ke dalam wadah berisi potongan cokelat. Kemudian aduk-aduk perlahan sampai seluruh cokelat benar-benar meleleh dengan baik. Rasanya akan sama saja, kok.

Baca juga: Cara Mudah Melelehkan Coklat dengan Benar

5. Tambahkan bubuk kakao, garam, dan bubuk kayu manis

Sebenarnya, cokelat leleh bercampur susu seperti itu saja sudah cukup enak. Tapi, anda pasti ingin membuat hot chocolate yang lebih enak, kan? Nah, untuk membuat hot chocolate anda menjadi spesial, tambahkan 1 sdm bubuk kakao untuk rasa cokelat yang lebih kaya, sejumput garam untuk mengikat rasa cokelat, dan 1 sdt bubuk kayu manis untuk aroma yang harum serta menenangkan. Aduk semuanya hingga merata.

Baca juga: Mengenal, Memilih, & Menyimpan Kayu Manis

6. Aduk menggunakan alat pengocok telur atau whisk

Anda tahu alat pengocok telur yang terdiri dari jeruji dan bulat di ujungnya kan? Nah, gunakan alat bernama whisk itu untuk mengaduk seluruh bahan hot chocolate anda. Whisk ini dapat mengaduk sekaligus menghancurkan gumpalan-gumpalan cokelat dan bubuk yang tersisa. Jadi, tidak akan ada tuh kejadian anda menelan gumpalan cokelat saat sedang meminum hot chocolate ini.

7. Hidangkan dengan frothy top dan topping favorit

Tidak ada yang lebih menggoda dari hot chocolate dengan lapisan buih halus di bagian atasnya. Untuk itu, sempurnakan hot chocolate anda dengan lapisan buih halus ini atau disebut juga frothy top.

Biasanya di kafe-kafe, frothy top ini dibuat menggunakan alat khusus seperti hand mixer. Tapi kalau tidak punya, anda bisa mengakalinya dengan mengaduk hot chocolate sekuat tenaga menggunakan whisk. Aduk hingga buihnya terlihat melapisi cokelat, kemudian tuang perlahan ke dalam cangkir supaya buihnya tetap berada di bagian atas. Untuk lebih nikmat lagi, anda bisa menambahkan topping seperti marshmallow di atas frothy top.

Hot chocolate yang nikmat tidak hanya menghangatkan tubuh saja, tetapi juga membuat mood yang meminumnya menjadi lebih baik. Jadi, kalau anda sedang lelah atau mood-nya kurang bagus, buatlah secangkir hot chocolate dengan 7 cara di atas, ya.

7 Tips Membuat Hot Chocolate Creamy & Kaya Rasa Cokelat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)