Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Siapa sih yang tidak suka coklat? Rasa manisnya membuat siapapun ketagihan. Menikmati sebatang coklat saja belum tentu cukup, bukan? Untungnya, selain coklat siap makan, ada banyak jenis makanan lain yang menggunakan coklat. Misalnya seperti cake serta kukis. Namun, ketika membuat kedua makanan ini, anda disarankan menggunakan coklat masak.

Lantas, apa yang membedakan coklat masak dengan coklat siap makan? Apakah ketika memasak kita dapat mengganti coklat masak dengan coklat kesukaan kita? Yuk cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!

1. Kandungan dan Rasa

Coklat masak atau disebut dark cooking chocolate mengandung lebih banyak kakao. Selain itu, terdapat juga kandungan minyak nabati. Namun, coklat masak biasanya tidak mengandung gula maupun susu. Makanya, rasa coklat ini cenderung pahit. Sementara itu, coklat siap makan memiliki kandungan kakao yang lebih sedikit. Namun, coklat ini juga mengandung minyak nabati. Coklat siap makan juga sering ditambahkan gula dan susu. Tidak heran, rasanya cenderung manis. Selain itu, coklat siap makan juga sering diberikan pelengkap lain. Mulai dari kismis, kacang mete, hingga kacang almond.

2. Bentuk, Warna, dan Tekstur

Seperti coklat siap makan, dark cooking chocolate umumnya diproduksi dalam bentuk batangan. Namun, warnanya lebih pekat dan gelap. Berbeda dengan coklat siap makan yang cenderung lebih terang karena ada tambahan susu.

Soal tekstur, coklat masak lebih padat karena kandungan kakao yang lebih banyak. Sementara coklat siap makan biasanya lebih lembut karena ada tambahan susu.

3. Kegunaan

Sesuai namanya, coklat masak diperuntukkan sebagai pelengkap makanan. Biasanya, coklat ini digunakan untuk makanan yang dipanggang. Mulai dari cake, kukis, hingga brownies. Sementara itu, coklat siap makan lebih cocok dijadikan kudapan. Jadi, ketika ingin ngemil, coklat ini bisa kita santap langsung. Meskipun demikian, kini coklat siap makan juga sering digunakan sebagai pelengkap makanan. Misalnya seperti martabak dan pisang nugget.

4. Apakah coklat masak dapat diganti coklat siap makan?

Coklat siap makan memang dapat digunakan sebagai pelengkap makanan. Namun, jangan menggunakan coklat siap makan pada resep yang membutuhkan coklat masak. Seperti yang sudah dibahas, coklat siap makan dan coklat masak memiliki kandungan yang berbeda dan rasa yang cenderung lebih manis. Sehingga tekstur dan rasanya pun akan berubah. Tidak sesuai dengan harapan resep. Jadi, coklat siap makan sebaiknya digunakan pada makanan yang pelengkapnya dapat dikreasikan. Contohnya seperti taburan martabak maupun olesan pada roti.

Secara fisik, coklat masak memang terlihat sama seperti coklat siap makan. Tapi, keduanya ternyata memiliki kandungan yang berbeda. Makanya, fungsi keduanya juga berbeda. Untuk keperluan memasak seperti baking, kita disarankan menggunakan coklat masak. Supaya rasa dan tekstur makanan tidak berubah dari yang diharapkan.

Apa Bedanya? Coklat Masak (DCC) Vs Coklat Siap Makan
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)