Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Diantara semua jenis gorengan, pastel adalah jenis  yang paling saya sukai. Namun, dulu saya enggan untuk coba membuatnya sendiri. Alasannya hanya satu, yakni takut gagal membuat kulit pastel. Maklum, saya paling Karena tidak berpengalaman, bisa-bisa kulit pastelnya malah robek ataupun terasa lembek. Tapi, membuat kulit pastel sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Jika tahu caranya, siapapun bisa membuat kulit pastel yang enak dan renyah. Penasaran? Yuk lihat trik di bawah ini!

1. Memperhatikan takaran adonan

Supaya berhasil membuat kulit pastel, tentu kita harus memperhatikan adonannya. Untuk 10 porsi pastel, dibutuhkan 200 gram tepung tinggi protein. Siapkan juga ½ sendok teh garam, 2 sendok makan margarin, serta 70 ml air hangat. Tambahan garam dan margarin membuat kulit pastel terasa gurih. Sementara air hangat membuat kulit pastel menjadi renyah dan berpori.

Bila ingin membuat porsi yang lebih banyak, kita perlu menyesuaikan takaran adonan ini. Adonan selanjutnya dibuat jadi kulit pastel yang tidak terlalu tipis maupun tebal. Tidak ingin kan kulit pastel robek ketika digoreng? Sementara kalau terlalu tebal, kulit pastel juga tidak akan terasa renyah.

2. Membuat adonan secara bertahap

Untuk membuat kulit pastel, kita harus mencampurkan terigu, garam, dan margarin. Aduk hingga jadi adonan yang berbulir kecil atau berbutir seperti pasir. Setelahnya, masukkan air hangat secara perlahan, sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga menggumpal. Uleni sebentar dan perlahan hingga adonan rata.

3. Jangan terlalu keras ketika menguleni adonan

Menguleni pastel tidaklah sama seperti menguleni adonan roti. Adonan pastel tidak boleh diuleni terlalu keras. Sebab, ulenan yang terlalu keras malah membuat kulit pastel nantinya tidak renyah.

4. Pastikan adonan dipipihkan atau gilas hingga halus

(Image: Lazada)

Kebanyakan dari kita memang takut kulit pastel menjadi robek. Tapi, sebenarnya ada trik lho untuk menghindarinya. Yaitu pastikan adonan kulit pastel digilas hingga halus. Jika belum halus, lipat kembali adonan dan gilas beberapa kali sampai halus.

Untuk memipihkan adonan kulit pastel, anda bisa menggunakan Rosita Rolling Pin (lihat di Lazada). Dengan rolling pin kayu ini, anda bisa dengan mudah menentukan ketebalan kulit pastel yang diinginkan. Rolling pin ini juga tidak mudah lengket. Tapi, tetap jangan lupa melumurinya dengan tepung terlebih dulu, ya.

5. Hindari isian pastel yang terlalu basah

Tidak hanya adonan, isi pastel juga berpengaruh pada kulitnya. Jika kita menggunakan isi yang terlalu basah atau masih panas, kulit pastel menjadi lembek. Saat menumis isian pastel, tambahkan air sedikit saja dan masak hingga air susut. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendinginkan dulu tumisan hingga suhu ruang sebelum diisikan ke dalam pastel.

6. Sirami pastel dengan minyak goreng

Ketika digoreng, jangan hanya membolak-balik pastel saja ya. Soalnya cara menggoreng ini membuat kulit pastel tidak mengembang. Setelah pastel dimasukkan ke penggorengan, kita sebaiknya langsung menyiraminya dengan minyak goreng. Dijamin, kulit pastel akan menggembung dan membuat tampilan pastel semakin menarik.

Baca juga: Apa Bedanya? Pastel vs Panada

Membuat bagian kulit memang menjadi hal yang paling menantang ketika membuat pastel. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk ragu membuat pastel sendiri ya. Asalkan tahu triknya, kulit pastel kita tidak akan gagal kok. Happy cooking!

Coba Resep: Resep Pastel Isi Ayam