Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sebagai seseorang yang gemar memasak, saya tentunya harus menyetok aneka bumbu dan rempah di dapur. Salah satu rempah daun yang wajib ada stoknya di dapur adalah daun salam. Daun salam merupakan rempah daun yang hampir selalu digunakan dalam setiap masakan. Selain bisa menambah aroma pada masakan, daun salam juga bisa membantu menyamarkan bau anyir pada bahan masakan anda.

Selama ini, anda mungkin lebih sering membeli daun salam di pasar atau supermarket. Karena selain mudah ditemukan, harga daun salam juga termasuk murah. Tapi jika anda punya waktu luang, tidak ada salahnya lho mencoba menanam pohon salam sendiri di halaman rumah. Selain bisa mempercantik halaman rumah anda, anda juga bisa mendapatkan daun salam yang lebih segar, siap petik ketika dibutuhkan.

Nah, agar tidak bingung, berikut saya berikan tips mudah menanam pohon salam di rumah khusus untuk anda.

1. Siapkan media

Untuk menanam daun salam, peralatan yang anda butuhkan adalah tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Campur kedua bahan tersebut sampai rata, lalu sisihkan. Jika anda ingin menjadikan pohon salam sebagai tanaman hias, anda bisa memindahkan campuran tanah tersebut ke dalam pot dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Perhatikan pemilihan bibit pohon salam untuk stek

Agar pohon salam anda bisa tumbuh dengan baik, anda harus memilih bagian pohon salam untuk ditanam. Pastikan ada memilih bagian pucuk daun salam dari pohon salam yang terlihat produktif dan berkualitas baik, potong batang tersebut sekitar 20-25 cm, lalu sisakan 2-3 helai daun saja.

3. Tanam pohon salam dengan benar

Setelah memilih bibit stek pohon salam, sekarang anda bisa mulai menanamnya. Usahakan anda menanam pohon salam di tempat yang sejuk dan tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Lalu, anda bisa menancapkan batang pohon salam tersebut ke media stek. Jika anda ingin posisi pohon salam anda tegak, anda juga bisa menyangganya dengan kayu, lalu ikat batang pohon salam pada kayu tersebut secara perlahan.

4. Rawat pohon salam anda dengan baik

Sebenarnya, merawat pohon salam terbilang sangat mudah. Anda bisa menyiramnya setiap hari dengan air yang cukup. Pastikan tanah tersebut tidak terlalu lembek ataupun terlalu lembap agar pohon salam bisa tumbuh dengan baik. Sebagai perawatan tambahan, anda juga bisa menyemprotkan pestisida setiap beberapa bulan sekali. Setelah itu, anda tinggal menunggu pohon salam anda tumbuh dan siap dipetik daunnya untuk digunakan memasak.

Itu dia tips menanam daun salam yang bisa anda coba sendiri di rumah. Jika anda menanamnya dengan benar, dijamin deh pohon salam anda akan tumbuh lebat dan bagus. Selamat bercocok tanam!