Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Disadari atau tidak, ayam menjadi bahan makanan yang paling terkenal. Tidak heran, selalu ada kuliner berbahan dasar ayam di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, ayam juga banyak digunakan di berbagai daerah. Cara pengolahannya juga bermacam-macam. Mulai dari digoreng, dibakar, hingga dikukus. Mau tahu apa saja aneka sajian ayam ala Nusantara? Yuk lihat penjelasan yang satu ini!

1. Ayam Woku

Sajian khas Sulawesi Utara ini menggunakan banyak bumbu rempah. Mulai dari daun jeruk, daun kemangi, daun salam, hingga daun kunyit. Sajian juga juga cocok bagi anda penggemar pedas karena citarasanya yang cukup menggigit.

2. Ayam Nasu Palekko

Selain conro, Sulawesi Selatan memiliki ayam nasu palekko yang tidak kalah lezat. Rasanya pedas, gurih, serta sedikit asam. Agar bumbu meresap, ayam haruslah dipotong kecil-kecil. Setelah itu, barulah ayam dimasak dengan bumbu rempah hingga matang. Di Makassar sendiri, sajian ini juga dapat dibuat dari bebek maupun itik.

3. Ayam Rica-Rica

Selain woku, terdapat ayam rica-rica yang juga termasuk sajian khas Manado. Ayam rica-rica juga memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Namun, rempah yang digunakan berbeda dari ayam woku. Misalnya seperti daun jeruk, serai, serta daun pandan.

4. Ayam Betutu

Makanan khas Bali ini memiliki kombinasi rasa gurih beserta pedas. Bumbu rempah seperti kunyit, ketumbar, dan kemiri juga sangat terasa. Untuk menambah kenikmatan, sajikan juga ayam betutu dengan sambal matah.

5. Ayam Pop

Selain rendang, Sumatra Barat juga memiliki ayam pop yang tidak kalah nikmat. Sajian dengan kenampakan yang cenderung pucat ini diungkep bersama air kelapa, kemiri, jahe, dan serai. Setelah itu, ayam digoreng sebentar saja. Tidak heran, tekstur dagingnya masih terasa lembut.

6. Ayam Taliwang

Jika anda pecinta makanan pedas, menu khas Lombok ini wajib dicoba. Anda bisa memilih antara ayam Taliwang goreng maupun bakar. Di Lombok, ayam Taliwang biasanya disajikan dengan beberuk terong dan plecing kangkong.

7. Garang Asem

Sajian ayam berkuah khas Jawa Tengah dimasak dengan cara kukus. Sehingga tiap porsinya, ia dibungkus daun pisang bentuk tum. Perpaduan citarasanya gurih dari penambahan santan, asam dari belimbing wuluh atau tomat hijau, dan pedas dari irisan cabai. Dinikmati dengan nasi putih hangat dijamin bisa membuat anda ketagihan.

8. Ayam Bekakak

Ayam bekakak merupakan ayam bakar khas Sunda. Sebelum dibakar, ayam diungkep dengan santan kental, bumbu halus, dan berbagai rempah. Makanya ayam ini memiliki cita rasa gurih, manis, sekaligus pedas. Selain itu, ayam bekakak biasanya juga dibakar secara utuh.

9. Opor Ayam

Opor ayam sudah menjadi sajian khas yang selalu ada ketika lebaran. Sajian gurih dan lezat ini memang paling lezat disantap dengan ketupat. Kuahnya berwarna putih karena menggunakan santan. Tapi ada juga lho opor ayam kuning yang menggunakan kunyit. Tinggal sesuaikan saja dengan selera.

10. Sate Ayam Madura

Kalau menu yang satu ini, anda sudah familiar bukan? Yup, potongan daging ayam yang direndam bubuk, ditusuk batang kayu tipis, lalu dibakar. Tidak lupa juga siraman saus kacang beserta sambal bawang khas Madura. Selain dagingnya, kita juga bisa menggunakan jeroan seperti jantung dan ati, lho.

Menu ayam khas Nusantara bisa ditemui dari wilayah bagian barat hingga timur nusantara. Tidak heran, menu tersebut punya cita rasa khas masing-masing. Diantara kesepuluh sajian di atas, sajian mana yang paling membuat anda ngiler?