Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika anda kebetulan berkunjung ke daerah Jawa Timur, maka rasanya kurang lengkap jika anda tidak mencicipi kulinernya yang sangat beragam dan tentu saja lezat. Tapi tenang saja, anda tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Timur kok untuk bisa mencicipi makanan khasnya. Karena sekarang ini rumah makan khas Jawa Timur sudah banyak tersedia di kota lain. Rasanya pun cukup otentik dan khas yang mampu memanjakan para pecinta kuliner. Kira-kira menu apa saja sih yang biasa disajikan di rumah makan khas Jawa Timur?

1. Soto

Saking nikmatnya, makanan berkuah yang satu ini akan sangat mudah anda temukan di sekitar anda. Paduan antara daging yang lembut dan gurih, kuah soto yang kaya akan rempah, dan aneka bahan tambahan lainnya memang sangat cocok dinikmati kapan pun. Di Jawa Timur sendiri, terdapat beberapa jenis soto seperti soto lamongan, soto sulung, dan soto ambengan. Aneka soto tersebut memiliki keunikan rasanya masing-masing yang patut anda coba.

2. Rujak cingur

Jika anda ingin makanan yang mengenyangkan sekaligus menyegarkan, maka tidak ada salahnya anda mencoba rujak cingur. Paduan antara aneka buah-buahan asam, sayuran, lontong, dan tempe, dan cingur (hidung sapi) yang kenyal, ditambah guyuran saus petis yang gurih membuat rasa dari  rujak cingur ini sangat istimewa.

3. Sate Madura

Siapa sih yang tak suka sate? Daging ayam tusuk yang dibakar ini digemari hampir semua kalangan masyarakat. Nah, salah satu sate yang paling terkenal adalah sate madura. Rasa sate yang cenderung manis serta saus kacang yang gurih dijamin bisa memanjakan lidah. Apalagi jika sate dihidangkan bersama bawang goreng, acar, dan lontong. Kenikmatannya pun akan semakin bertambah.

Baca juga: 6 Tips Memanggang Sate Rumahan yang Empuk & Juicy

4. Tahu tek

Beralih ke Kota Surabaya, anda wajib mencicipi hidangan ini. Dalam seporsi tahu tek, terdapat potongan lontong, tahu goreng setengah matang, potongan kentang rebus, irisan telur dadar, dan tauge rebus yang disiram kuah petis. Tambahkan kerupuk dan bawang goreng pada sentuhan terakhir. Tahu tek yang nikmat, gurih, dan mengenyangkan pun siap menemani waktu makan anda.

Coba resep: Tahu Telur

5. Lontong balap

Masih hidangan khas Surabaya, lontong balap ini juga wajib anda coba. Lontong yang telah diiris dicampur dengan tahu goreng dan tauge yang berlimpah. Jangan lupa juga tambahkan lentho, yaitu sejenis gorengan tempe ‘keras’ yang terbuat dari campuran kacang tolo rebus, parutan singkong, parutan kelapa, dan bahan lainnya. Terakhir, siram lontong balap dengan kuah kaldu. Seporsi lontong balap yang rasanya unik pun siap dinikmati.

6. Nasi pecel

Jika anda ingin makanan yang mengenyangkan, anda bisa mencoba nasi pecel. Meskipun hanya terdiri dari nasi, pecel, dan rempeyek, tapi jangan salah, rasa dari nasi pecel ini sangat nikmat. Apalagi bumbu pecel yang digunakan lumayan pedas, sehingga sangat cocok bagi anda penyuka makanan pedas.

Baca juga: Aneka Lauk atau Menu Pendamping Pecel Sayur yang Enak

7. Bebek goreng

Bosan dengan daging ayam, kambing atau sapi? Anda mungkin harus mencoba bebek goreng khas Surabaya. Tak hanya rasanya yang enak, gurih, dan berdaging empuk, bebek goreng juga memiliki gizi yang tinggi. Sajikan bebek goreng bersama nasi hangat dan sambal agar rasanya semakin enak.

Baca juga: 7 Hidangan Bebek Khas Indonesia yang Menggugah Selera

8. Rawon

Rawon merupakan sup daging sapi yang termasuk ke dalam salah satu kuliner khas Jawa Timur. Uniknya, kuah rawon berwarna hitam pekat dan terasa gurih. Warna hitam tersebut didapat dari rempah bernama kluwek. Biasanya, seporsi rawon disajikan bersama kecambah rebus, daun bawang, kerupuk udang, empal, sambal, dan nasi hangat.

Baca juga: 6 Jenis Pewarna Hitam Alami pada Makanan

Itu tadi beberapa sajian yang bisa ditemukan di rumah makan khas Jawa Timur. Apakah salah satu makanan favorit anda ada dalam daftar di atas?