Penulis: Tia | Editor: Ria

Sewaktu masih kecil, saya susah sekali makan sayur. Ya, sama seperti anak-anak pada umumnya. Saking susahnya, ibu saya sampai kebingungan, harus mengolah sayur jadi masakan apa lagi supaya saya mau makan.

Nah, kalau anda juga lagi merasakan kebingungan yang sama seperti ibu saya dulu, ResepKoki mungkin bisa membantu dengan 7 ide masakan sayur di bawah ini.

1. Otak-otak sayuran

otak otak goreng kenyal

Otak-otak memiliki bentuk yang unik dan bisa bikin anak-anak penasaran. Apalagi kalau masih dibungkus daun pisang. Maka dari itu, memodifikasi otak-otak dengan isian sayuran pasti bisa mengakali si kecil yang ogah makan sayur.

Adonan yang terdiri dari ikan tenggiri, putih telur, dan tepung sagu dicampurkan dengan potongan wortel dan buncis, dibumbui garam dan merica, kemudian dibungkus daun pisang, dan dikukus hingga matang. Diolah menjadi otak-otak, nutrisi dari sayuran pun tetap terjaga karena hanya dikukus saja. Tapi kalau ingin digoreng pun juga bisa. Digoreng sebentar saja dalam minyak panas supaya nutrisinya tidak hilang. Otak-otak sayuran ini bisa dijadikan bekal sekolah atau camilan sore anak anda. Jangan lupa dicocol ke saus kacang, ya.

Coba: Resep Otak-Otak Goreng

2. Nugget sayur

Sudah jadi rahasia umum kalau frozen food seperti nugget memang sangat disukai oleh anak-anak. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang garing adalah alasannya. Nah, menyelipkan sayur ke dalam adonan nugget bisa jadi cara yang efektif supaya si kecil mendapat asupan sayur.

Nugget ini tetap dibuat dari daging ayam giling, tapi dengan tambahan irisan bayam dan wortel. Setelah digoreng hingga matang, ajak deh anak anda menyantap nugget sayur ini dengan tambahan nasi putih dan saus tomat.

Coba: Resep Nugget Sayur

3. Egg roll Korea

Kreasi makanan sayur satu ini, cocok sekali dijadikan sarapan untuk anak anda sebelum berangkat sekolah. Tidak hanya nikmat, egg roll Korea ini juga bergizi dan mudah dibuatnya. Anda cukup mengocok 3-4 butir telur bersama wortel, bayam, dan tomat, kemudian didadar dan digulung secara bertahap. Setelah matang, iris-iris supaya terlihat cantik, dan langsung sajikan.

Coba: Resep Egg Roll Korea

4. Mie Bayam

Image: tastefullygf.wordpress.com

Anak kecil mana sih yang tidak suka dengan mie? Teksturnya yang kenyal, bersulur-sulur panjang, dan rasanya yang gurih mudah sekali bikin anak-anak jatuh cinta. Nah, kesukaan anak-anak pada mie ini bisa sekali anda manfaatkan untuk memberikan asupan sayuran. Salah satu caranya adalah dengan membuat mie bayam.

Mie dibuat dari campuran bayam yang dihaluskan, telur, tepung terigu, dan tepung sagu. Adonan tersebut kemudian diuleni hingga halus, dipipihkan, dan dipotong memanjang. Mie bayam ini bisa anda olah menjadi berbagai makanan, mulai dari mie ayam hingga mie goreng. Daripada mie instan, jauh lebih sehat mie bayam kan?

5. Keripik wortel

(Image: Greeners)

Makanan renyah memang paling mudah mengambil hati anak-anak, keripik salah satunya. Keripik bisa dibuat hampir dari seluruh bahan makanan, termasuk sayuran seperti wortel. Wortel ini anda cuci bersih, potong tipis-tipis, dan keringkan hingga tidak ada lagi air tersisa. Setelah itu, panggang wortel dalam oven bersuhu 150-180º C hingga renyah, lalu hidangkan deh. Keripik wortel ini tidak melalui proses rebus atau goreng, sehingga nutrisinya masih terjaga dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Membuat Keripik Sayur dan Buah

6. Mashed cauliflower

(Image: Lazada)

Cauliflower atau kembang kol memiliki bentuk yang kurang menarik. Jadi, wajar kalau anak-anak tidak minat menyantapnya. Nah, supaya kandungan gizi dari kembang kol ini bisa tetap masuk ke tubuh si kecil, anda bisa mengolahnya dengan menumbuk atau dibuat mashed cauliflower.

Membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus kembang kol hingga empuk, mencampurnya dengan bawang putih tumis dan keju parut, tambahkan garam dan merica, kemudian ditumbuk hingga halus menggunakan IKEA KONCIS Potato Masher (lihat di Lazada). Dengan potato masher ini, kembang kol akan menjadi halus tapi tetap bertekstur renyah yang nikmat. Mashed cauliflower ini juga bisa menjadi alternatif kalau anak-anak lagi malas makan nasi.

7. Spaghetti saus tomat

Image: popsugar.com

Spaghetti ini punya bentuk dan tekstur yang mirip sekali dengan mie. Pastinya, anak-anak juga menyukainya. Sebagai variasi dan juga trik supaya asupan sayur terjaga, ganti saus krim untuk spaghetti dengan saus dari tomat segar. Dicampur dengan daging sapi giling, si kecil pasti tidak berasa lagi makan sayur.

Membuat anak mau untuk makan sayur memang susah-susah-gampang. Jadi, tidak ada salahnya mencoba 7 masakan di atas sebagai cara dan variasi supaya asupan sayur si kecil tetap terjaga. Selamat mencoba, ya!