Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Pada dunia kuliner, bawang membuat hidangan kita terasa lebih lezat. Tidak heran, bawang menjadi bahan makanan yang wajib ada di dapur. Di rumah saya sendiri, ibu saya selalu menyediakan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Tapi, ternyata ada jenis bawang lain yang memiliki bentuk mirip dengan daun bawang, yaitu lokio, kucai, dan bawang prei. Secara kasat mata, ketiganya terlihat mirip. Namun ketiganya punya banyak perbedaan lho. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan menarik berikut ini.

1. Bentuk dan Warna

Lokio memiliki batang panjang tipis berwarna hijau muda dan kemerahan. Bonggolnya berbentuk sedikit lonjong dan berwarna putih. Apabila diperhatikan, bonggol lokio mirip seperti bawang putih yang telah dikupas. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Di ujung bonggol, terdapat akar tunggang yang dapat menandakan kesegaran lokio.

Bila dilihat, bagian atas lokio dan kucai terlihat sama-sama tipis. Namun, kucai berbentuk lebih pipih dan berwarna hijau segar sehingga mirip dengan rumput. Selain itu, warna putih pada bagian bawah kucai juga tidak terlalu kelihatan. Berbeda dengan lokio dan bawang prei yang warna putih pada bagian bawahnya nampak jelas.

Sementara itu, bawang prei memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan lokio maupun kucai. Bila diperhatikan, bawang prei justru sulit dibedakan dengan daun bawang. Selain memiliki warna yang sama, keduanya juga berbentuk memanjang menyerupai silinder. Namun, bawang prei memiliki ukuran yang lebih lebar dari daun bawang.

Baca juga: Apa Bedanya? Daun Bawang vs Daun Kucai

2. Rasa, Aroma & Tekstur

Ketika disantap, lokio punya citarasa perpaduan antara bawang putih dan bawang bombay. Tapi, aromanya tidaklah sekuat aroma kedua bawang tersebut. Makanya, lokio jarang dijadikan bumbu halus dan hanya dijadikan bahan pelengkap. Sementara itu, lokio memiliki tekstur yang renyah dari bagian bonggolnya.

Seperti lokio, aroma kucai mirip seperti aroma bawang putih. Ketika masih dalam keadaan mentah, kucai memiliki rasa dan aroma yang menyegat. Tapi, kita tidak perlu khawatir. Jika sudah dimasak, kucai akan terasa seperti sayuran biasa kok.

Sementara itu, rasa dan aroma bawang prei mirip seperti bawang bombay. Hanya saja, aroma bawang prei tidak setajam bawang bombay. Soal tekstur, bawang prei lebih mirip seperti daun bawang pada umumnya.

Baca juga: Mengenal Lokio: Cara Memilih & Mengolahnya

3. Fungsi pada Makanan

Di Indonesia, lokio sering digunakan pada masakan Batak. Salah satunya ialah arsik. Tidak heran, lokio sering dikenal sebagai “bawang batak.” Selain itu, lokio juga sering dijadikan pelengkap tumisan pada berbagai masakan. Tidak hanya itu saja lho. Lokio juga dapat dijadikan acar serta campuran asinan. Tidak heran, anda pasti juga menemukan bawang ini di asinan Bogor.

Sementara itu, kucai terkenal sebagai pelengkap pada makanan-makanan khas Asia Timur. Misalnya seperti gyoza, bubur, serta pangsit. Namun, kucai juga bisa kita temukan di makanan-makanan Nusantara. Sebut saja seperti lumpia goreng, nasi lengko, serta taoge goreng.

Nah, kalau bawang prei sendiri, lebih terkenal di masakan-masakan khas Eropa. Misalnya seperti sup vichyssoisse khas Perancis serta bubur scottish khas Skotlandia. Di Indonesia sendiri, bawang prei dapat digunakan untuk menggantikan daun bawang. Jadi, kita bisa menggunakannya sebagai taburan di sup, bubur, soto, serta hidangan lainnya.

Baca juga: Mengenal, Memilih & Mengolah Bunga Bawang Prei

Meskipun lokio, kucai, dan bawang prei terlihat mirip, kita perlu lho mengenali perbedaannya. Sebab, fungsi ketiganya tidak selalu bisa saling menggantikan. Tidak lucu kan bila asinan yang kita buat ternyata menggunakan kucai. Be a smart consumer ladies!

Apa Bedanya? Lokio vs Kucai vs Bawang Prei
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)