Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Kerupuk bawang sekilas mirip dengan keripik kulit pangsit. Kudapan asin-gurih ini banyak orang gemari karena teksturnya yang renyah dan ringan. Sehingga banyak yang menjadi ketagihan. Penasaran ingin membuat sendiri kerupuk bawang yang enak dan renyah seperti yang dijual di pasaran? Simak dulu cara dan tipsnya berikut ini.

1. Melelehkan margarin di dalam santan

Tidak heran kerupuk ini begitu gurih. Ternyata santan digunakan sebagai bahan cair dalam adonannya. Kandungan lemak nabati di dalamnya mampu membuat kerupuk jadi lebih gurih dan harum. Pertama-tama, santan kita masak terlebih dahulu sembari melelehkan margarin di dalamnya. Langkah ini bertujuan agar adonan kerupuk nantinya lebih halus, tidak bertekstur crumbly, dan tercampur rata.

2. Jangan gantikan santan dengan air

Penggunaan santan akan menghasilkan kerupuk yang lebih gurih, harum, dan renyah. Hasilnya juga tidak keras dan cukup rapuh sehingga siapa saja bisa menikmatinya. Hasil yang seperti ini tidak bisa anda dapatkan jika menggunakan air sebagai pengganti santan.

3. Memastikan semua bahan bersuhu ruang

Bahan-bahan, terutama cairan seperti santan, harus dimasukkan ke dalam adonan dalam suhu ruang. Dengan kata lain, dinginkan dahulu santan yang sudah dimasak sebelum dimasukkan ke dalam adonan. Suhu yang tidak tepat akan berpengaruh pada tekstur adonan, yang selanjutnya akan merubah tekstur akhir kerupuk.

4. Gunakan irisan bawang untuk kerupuk lebih bertekstur

Dalam membuat kerupuk bawang, anda bisa menghaluskan bawang merah untuk dicampurkan dalam adonan. Jika ingin kerupuk lebih bertekstur nikmat, anda bisa pilih untuk mengiris bawang tipis-tipis dan mencampurkannya dalam adonan bersama irisan seledri.

5. Menggiling tipis adonan

(Image: Lazada)

Kerupuk bawang tentu lebih enak jika bentuknya tipis, sehingga lebih renyah. Agar tiap kerupuk punya ketebalan yang sama, pipihkan adonan menggunakan gilingan mie atau pasta maker, seperti Magic Home Pasta & Noodle Maker (lihat di Lazada) ini. Terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat, alat giling ini sangat mudah digunakan, mudah dibersihkan, serta tahan lama.

Jika tidak punya, anda bisa secara manual memipihkannya dengan rolling pin atau botol kaca. Pipihkan adonan berulang kali hingga didapatkan ketebalan serupa yang diharapkan.

6. Menggoreng dan Menyimpan Kerupuk

Jika ingin kerupuk beraroma sedap dan tidak tengik, gunakan minyak goreng yang masih fresh. Goreng dengan api kecil hingga sedang sampai kerupuk bawang matang, kering, dan kecokelatan. Segera angkat dan tiriskan. Kerupuk pun siap anda santap atau simpan di wadah kedap udara saat sudah dingin. Hindari menyimpan kerupuk saat masih panas karena ia akan melempem.

Itulah cara mudah membuat kerupuk bawang yang tipis, renyah, dan enak. Dijamin, anda dan keluarga pasti menyukainya. Selamat mencoba.

Coba Resep: Kerupuk Bawang