Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Umumnya, para pemula di bidang baking akan menghindari pembuatan roti. Alasannya adalah proses yang lama dan melelahkan, dengan hasil yang belum tentu sempurna. Namun, kini ada tren masak yang bisa mematahkan kekhawatiran tersebut. Ia disebut adonan Killer Soft Bread atau biasa disingkat KSB.

Kelebihan roti dengan adonan KSB yaitu hasil akhir yang tetap lembut meski tanpa melalui proses proofing (mengembangkan) sebanyak dua kali. Kuncinya terletak pada pemilihan dan takaran bahan, serta proses menguleni adonan hingga benar-benar kalis elastis. Simak yuk tips selengkapnya berikut ini.

1. Susu dan telur berkualitas terbaik

Adonan KSB tidak banyak berbeda dengan roti pada umumnya. Namun, ada tiga bahan kunci KSB yang membuatnya super lembut yakni butter, susu, dan telur. Soal susu dan telur, gunakan yang masih sangat segar karena adonan KSB tidak tahan lama. Untuk telur, gunakan kuningnya saja agar adonan lebih kaya dan lembut.

2. Gunakan tepung terigu berprotein tinggi

Gunakan tepung terigu dengan gluten yang tinggi. Tepung ini akan membuat roti elastis karena kemampuannya dalam memerangkap udara hasil ekskresi ragi di dalam adonan. Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan tepung terigu protein sedang, supaya hasil roti tidak terlalu kenyal nantinya. Pastikan untuk menguleni tepung hingga benar-benar kalis elastis ya.

3. Masukkan butter dan garam terakhir kali

Dalam adonan, gunakan 100% butter alih-alih margarin. Roti yang dibuat dengan butter akan sangat lembut hasilnya. Sebaliknya, margarin lebih cocok digunakan untuk membuat kue kering karena ia memberikan tekstur akhir yang lebih kuat dan keras.

Kedua bahan ini wajib masuk paling akhir dalam pengulenan adonan roti. Alasannya, garam atau sesuatu yang asin bersifat menyerap air. Jika dimasukkan dari awal, adonan roti akan menjadi kering sehingga tidak hasil akhirnya tidak akan lembut.

4. Proofing cukup sekali saja

Dengan pemilihan bahan dan pengadukan yang tepat, proofing atau pengembangan adonan tidak perlu lagi dilakukan sebanyak dua kali. Cukup diamkan adonan kurang lebih 30 menit atau setidaknya hingga adonan mekar dua kali lipat. Setelahnya, adonan roti bisa langsung dipanggang.

Nah, itulah cara mudah membuat roti empuk berserat dengan cepat menggunakan adonan Killer Soft Bread. Kini membuat hidangan yang lezat dan mampu dibanggakan keluarga tidak membutuhkan waktu yang lama, bukan? Roti lembut ini cocok anda sajikan untuk sarapan atau kudapan.

Coba Resep: Killer Soft Bread Lembut

4 Tips Membuat Roti Enak & Empuk dengan Cepat Berkat Killer Soft Bread (KSB)
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)