Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Sesuai dengan namanya, bubur manado merupakan sajian khas Sulawesi Utara. Bubur ini merupakan sajian yang sangat menyehatkan dan bergizi karena punya aneka bahan dan isian sayuran di dalamnya. Namun jangan ragukan rasanya, dijamin selera anda akan terpuaskan. Apalagi jika bubur ini tersaji hangat, lengkap dengan ikan asin dan sambal. Hmm, maknyus! Penasaran ingin tahu apa saja bahan-bahan dari bubur manado? Yuk, kita simak berikut ini.

1. Beras

Jika beras pada bubur umumnya harus benar-benar hancur dan halus, namun tidak untuk bubur Manado. Anda harus pastikan bubur masih memiliki sedikit bulir-bulir nasi yang terlihat sehingga teksturnya tetap terjaga.

2. Labu Kuning

Labu kuning menambahkan tekstur dan menyumbangkan warna menarik ke dalam hidangan. Labu biasanya akan dipotong dadu kecil hingga sedang sesuai selera.

3. Ubi Jalar

Sama seperti nasi, ubi jalar merupakan unsur karbohidrat tambahan yang mengenyangkan dalam hidangan ini. Saat memasak bubur manado, ubi jalar bersama labu kuning termasuk ke dalam sayuran pertama yang dimasukkan karena teksturnya keras sehingga membutuhkan waktu lebih untuk matang dan empuk.

4. Ubi Kuning

Ubi kuning merupakan sumber karbohidrat tambahan dalam bubur manado. Potong kubus kecil sebelum dimasukkan ke dalam bubur. Rasanya manis dan berpati sehingga memberikan tekstur yang nikmat di lidah Anda.

5. Jagung Manis

Untuk bubur manado, jagung haruslah dipipil terlebih dahulu. Walaupun tergolong makanan dengan unsur karbohidrat, jagung manis tidak terlalu berpati teksturnya. Ia memberikan kesegaran tersendiri dalam hidangan ini.

6. Kangkung

Kangkung merupakan sayuran hijau utama dalam pembuatan bubur manado. Kangkung hanya perlu diambil daunnya saja tanpa mengikutkan batang. Sayuran hijau ini dimasukkan terakhir saat bubur sudah hampir matang sehingga sayur tidak kehilangan teksturnya.

7. Bayam

Sama halnya seperti kangkung, bayam yang dipakai untuk membuat bubur manado haruslah disiangi terlebih dahulu, dipisahkan antara daun dengan batangnya. Cukup gunakan daun dan tangkai teratas dari tiap batang bayam.

8. Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan sayuran buah yang mudah matang. Oleh karena itu, ia dimasukkan ke dalam bubur manado bersama dengan sayuran hijau lainnya yang mudah matang. Potong-potong kacang panjang sepanjang dua ruas jari Anda sebelum dimasak.

9. Kemangi

Sayuran ini merupakan unsur aromatik utama dalam bubur manado. Karena teksturnya yang sangat lembut, anda bisa menggunakan hampir seluruh bagian kemangi. Sisakan saja sedikit tangkainya agar kemangi tidak hancur.

10. Daun Gedi

Daun gedi merupakan sayuran asli Sulawesi. Bentuknya mirip dengan daun singkong. Begitu pula rasanya. Karena tekstur daun gedi agak keras, ia dapat dipotong besar terlebih dahulu sehingga bisa matang berbarengan dengan sayuran hijau lainnya.

Itulah aneka bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat bubur manado. Selain menyehatkan, bubur ini juga nikmat disajikan hangat-hangat berkat berbagai paduan sayuran dengan aneka rasa dan teksturnya.

Coba Resep: Bubur Manado Asli

10 Bahan Isian dalam Bubur Manado yang Unik, Lezat & Kaya Gizi
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)