Penulis: Tia | Editor: Ria

Bahan makanan apa sih yang selalu ada di dapur anda? Kalau saya sih, telur ayam. Alasannya, karena telur ayam harganya murah dan sangat mudah untuk diolah. Direbus saja rasanya sudah enak. Selain itu, telur ayam juga punya banyak kandungan gizi, terutama protein yang baik untuk program diet dan pertumbuhan anak.

Menurut saya pribadi, telur ayam yang direbus bulat-bulat itu lebih mudah diolah menjadi berbagai masakan daripada yang digoreng. Bumbu apapun yang dipakai, rasanya cocok-cocok saja. Yang pasti, bentuknya tetap bulat cantik. Penasaran telur rebus bulat ini bisa diolah menjadi masakan apa saja? Simak tulisan di bawah ini, yuk!

1. Telur Balado

Sambal balado dan telur bulat memang pasangan yang serasi. Kenikmatannya sudah diakui, bahkan yang tidak suka pedas pun seringkali tergoda untuk menyantapnya dengan nasi panas. Walaupun merupakan makanan khas Padang, telur balado ini bisa ditemukan hampir di seluruh warung makan. Anda pun dapat membuatnya sendiri dengan racikan sambal balado dari cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan serai. Untuk telurnya, bisa dimasak langsung ke dalam sambal balado setelah direbus atau digoreng terlebih dahulu dalam minyak panas sebentar untuk hasil yang lebih gurih dan renyah.

Coba: Resep Telur Balado

2. Telur Petis

telur petis murah

Bumbu petis yang dibuat dari kepala udang ini sangat identik dengan masakan-masakan khas Jawa Timur, seperti tahu tek dan rujak cingur. Namun, penggunaan bumbu petis sendiri tidak terbatas hanya untuk masakan-masakan khas Jawa Timur saja, lho. Bumbu petis juga bisa dikreasikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur anda untuk masakan sehari-hari, salah satunya adalah telur petis.

Cara membuatnya mudah. Pertama, tumislah bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan kunyit bakar bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Kemudian masukkan bumbu petis, air asam jawa, dan telur rebus ke dalam tumisan. Setelah mendapatkan rasa yang tepat, anda bisa menghidangkannya bersama nasi hangat untuk santap siang.

Coba: Resep Telur Petis

3. Pindang Telur

Telur pindang bumbu

Masakan telur bulat yang satu ini mudah sekali dibuatnya. Bahan-bahan utamanya pun cukup menggunakan bahan “bekas” memasak sebelumnya, seperti kulit bawang merah, kulit bawang putih, dan teh celup. Tinggal cemplung-cemplung, rebus hingga telur matang, dan sudah jadi deh masakan pindang telur ini.

Pindang telur cukup nikmat disantap sebagai camilan. Tapi, kalau cara favorit saya sih menyantap pindang telur ini dengan semangkuk soto ayam dan nasi hangat. Wah, kenikmatan tiada tara.

Coba: Resep Telur Pindang

4. Semur Telur

semur telur kental

Kecap manis adalah bumbu utama dari masakan semur. Tidak heran kan kalau masakan satu ini memiliki rasa manis yang begitu kuat. Semur telur ini memang sangat pas disantap bersama nasi putih hangat. Tapi, menyantapnya dengan nasi uduk atau lontong sayur juga bisa memberikan paduan citarasa yang unik, lho.

Sedikit tips untuk anda yang ingin membuat semur telur di rumah. Jika ingin semur telurnya lebih harum dan gurih, tumis bumbu halus dengan sedikit tambahan margarin dan juga daun salam ya.

Coba: Resep Semur Telur

5. Rendang Telur

rendang telur minang

Cuma daging yang bisa dimasak dengan bumbu rendang? Kata siapa? Saat ini sudah banyak sekali lho variasi masakan yang dibuat dengan bumbu rendang, mulai dari rendang ayam hingga rendang telur.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rendang telur tidak ada bedanya dengan rendang daging. Hanya, ada sedikit saran bagi anda yang ingin mencoba membuat rendang telur sendiri. Goreng telur sebentar saja dalam api panas setelah direbus dan dikupas. Kemudian setelah matang, diamkan rendang telur semalaman sebelum disantap. Dengan begitu, bumbu rendang akan menempel dan meresap dengan lebih sempurna.

Coba: Resep Rendang Telur

6. Telur Bumbu Bali

Telur bumbu bali

Yang eksotis dari Bali bukan hanya pantai dan budayanya saja, tetapi juga bumbu masakan khasnya. Bumbu khas Bali yang pedas, harum, dan gurih ini cocok sekali untuk diolah bersama berbagai bahan makanan, termasuk telur rebus bulat. Sekilas, warnanya tidak jauh berbeda dengan bumbu balado. Tapi kalau sudah dicoba, bumbu Bali ini terasa lebih dominan dengan rasa gurih dari bawang putih. Saat membuatnya, biarkan telur dimasak bersama bumbu hingga airnya menyusut atau asat. Anda juga bisa menambahkan sedikit tomat dalam bumbu supaya rasanya lebih segar.

Coba: Resep Telur Bumbu Bali

 

Nah, itulah aneka masakan yang bisa anda buat bermodalkan telur rebus bulat yang gurih dan bergizi. Bahan-bahannya sudah pasti tersedia di dapur anda, waktu memasaknya pun rata-rata cukup singkat. Jadi, sajian telur bulat mana yang paling menggugah selera anda?

6 Sajian yang Dibuat dengan Bahan Dasar Telur Bulat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)