Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain digoreng, dibakar, atau dipepes, saya juga sering mengolah ikan dengan bumbu sarden. Karena selain praktis, ikan sarden juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Awalnya, saya lebih sering mengonsumsi sarden kalengan. Tapi belakangan saya sadar jika sesehat-sehatnya makanan kaleng, tetap lebih baik makanan buatan sendiri. Karena itulah, saya pun mulai belajar membuat menu ikan sarden ala kaleng sendiri di rumah.

Meskipun saya sempat takut sarden yang saya buat gagal, tapi ternyata jika kita bisa mengolahnya dengan benar, dijamin deh rasa sarden buatan sendiri tidak akan kalah dengan rasa sarden kalengan. Bahkan mungkin rasanya akan jauh lebih enak, karena bahan-bahannya berkualitas dan rasanya bisa disesuaikan dengan selera anda. Anda tertarik juga membuat sarden sendiri di rumah? Sebagai panduan, berikut saya berikat sedikit tips ketika anda akan membuat sarden homemade. Lets check it out!

1. Perhatikan pemilihan dan pembersihan ikan

Untuk mendapatkan rasa sarden yang nikmat, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih ikan segar dengan kualitas baik. Untuk jenis ikannya sendiri, anda bisa menggunakan ikan sarden, ikan tongkol, ikan salem, atau ikan berdaging tebal lainnya sesuai selera anda. Pemilihan ikan berdaging tebal tersebut bertujuan agar daging ikan tidak mudah hancur ketika dimasak.

Nah, sebelum diolah, pastikan anda mencuci ikan sampai benar-benar bersih dan bebas bau amis di air mengalir. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan bagian perut ikan, karena bagian tersebut kotor dan hanya akan menimbulkan rasa pahit pada sarden anda. Agar lebih mudah dikonsumsi, anda bisa membuang bagian kepala ikan dan hanya gunakan badannya saja.

2. Gunakan saus tomat alami

Salah satu rahasia kenikmatan ikan sarden terletak pada bumbunya yang memiliki rasa, warna, dan aroma yang khas. Nah, bahan utama untuk membuat bumbu sarden adalah tomat yang direbus lalu dihancurkan. Selanjutnya, tomat rebus tersebut ditumis bersama bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, gula pasir dan penyedap rasa, serta cabe keriting (opsional).

Agar warnanya lebih cantik, anda juga bisa menambahkan sedikit saus tomat botolan. Jika suka menyantap ikan sarden dengan saus berlimpah, anda bisa membuat takaran saus tomatnya lebih banyak sesuai selera. Lalu masak ikan bersama bumbu tersebut sampai benar-benar meresap.

3. Masak ikan menggunakan panci presto

Biasanya, sarden disajikan dalam bentuk potongan sedang yang bisa dimakan bersama tulangnya. Agar tulang ikan lunak, anda bisa memasak ikan bersama bumbu dalam panci presto. Namun jika tidak punya panci presto, anda bisa menge-tim ikan terlebih dahulu sampai tulangnya benar-benar lunak dan bisa dimakan.

Sudah siap untuk mencoba? Intip resepnya di bawah ini.

  1. Resep Sarden Homemade
  2. Resep Ikan Salem Bumbu Sarden
3 Tips Memasak Sendiri Ikan Sarden ala Kalengan yang Lezat & Persis Mirip
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)