Penulis: Tia | Editor: Ria

Memilih snack dan makanan apa yang akan dihidangkan saat arisan memang menjadi urusan tersendiri bagi tuan rumah. Ibu saya pun juga sering merasa begitu. Biasanya sih bingung karena ingin ada variasi baru dalam sajian arisannya tapi tetap bisa menjadi favorit para tamu. Kalau anda juga sering mengalami kebingungan yang sama dan butuh variasi baru dalam sajian arisan, Resepkoki punya daftar snack yang bisa anda jadikan referensi nih.

1. Donat

Donat jadul empuk

Menyediakan donat sebagai snack di acara arisan sepertinya tidak akan pernah salah. Snack yang identik dengan bolong di tengah ini memang favoritnya semua orang. Tua-muda suka semua. Anda bisa menghidangkannya dengan berbagai topping, seperti meises warna-warni, gula halus, dan keju. Wah, pasti cepat ludes.

Coba: Resep Donat Jadul

2. Dadar Gulung

Dadar gulung isi kelapa praktis

Snack satu ini pasti akan jadi favoritnya ibu-ibu yang datang ke arisan anda. Perpaduan kelapa parut dengan gula jawa sebagai isian menciptakan rasa manis-gurih yang lezat; cocok dengan lidah ibu-ibu Indonesia. Ditambah lagi dengan balutan kulit dadar yang lembut. Membayangkannya saja sudah nikmat, ya.

Coba: Resep Dadar Gulung Isi Kelapa

3. Tahu Aci

Snack yang tersedia di arisan harus ada yang manis dan asin supaya seimbang. Nah, tahu aci ini cocok sekali untuk dihidangkan di arisan. Anda bisa membelinya di pasar atau bahkan membuatnya sendiri dengan mudah. Saran saya, sajikan tahu aci ini bersama dengan cabai rawit hijau atau sambal kecap ya supaya makin terasa enaknya.

Coba: Resep Tahu Aci Tegal

4. Siomay Dimsum

Siomay dimsum mungkin belum terlalu populer untuk jadi snack arisan. Tapi bukan berarti tidak cocok, lho. Justru siomay dimsum yang berisi udang dan ayam giling ini bisa memberikan variasi menarik di sajian arisan anda. Dihidangkan bersama saus cocolan yang pedas-manis, pasti tamu-tamu tidak mau jauh-jauh dari snack ini.

Coba: Resep Siomay Dimsum

5. Kue Lapis Legit

Image: goodnewsfromindonesia.id

Nah, snack yang satu ini sih sudah menjadi langganan arisan. Rasa manis dan teksturnya yang lembut akan bikin siapa saja ingin menyantapnya hingga habis. Kue lapis legit ini bisa anda dapatkan di mana saja, baik di pasar atau toko kue terkenal. Anda bisa menyajikannya langsung secara utuh atau sudah dipotong-potong tipis.

6. Martabak Telur

Kalau dadar gulung adalah favorit ibu-ibu, martabak telur ini akan jadi favoritnya bapak-bapak. Martabak telur ini bisa anda buat sendiri lho dengan kulit lumpia siap pakai yang diisi daging giling dan telur ayam. Jangan lupa sediakan juga cabai rawit hijau ya sebagai pendampingnya. Bapak-bapak pasti bakal sibuk mengunyah dan tidak akan merasa bosan.

Baca juga: Apa Bedanya? Martabak Telur vs Martabak Mesir  

7. Sate Sosis Mayo

Image: resepgurih.com

Sate sosis bisa menjadi variasi snack asin lain di arisan anda. Anda dapat menyediakannya dalam 2 versi, yaitu sate sosis goreng dan sate sosis bakar. Jangan lupa berikan mayones di atas setiap sate sosis tersebut sebagai dressing. Snack ini cocok sekali untuk anak-anak. Kalau sudah melahap sate sosis mayo, si kecil dijamin akan anteng deh.  

8. Pisang Cokelat

Pisang Coklat Garing

Butuh snack manis yang ada rasa cokelat-cokelatnya? Pisang cokelat bisa anda jadikan pilihan. Snack satu ini adalah pilihan yang aman karena disukai oleh semua orang, termasuk anak-anak. Kulit renyah yang berpadu sempurna dengan lembutnya pisang dan lelehan cokelat bakal membuat tamu-tamu anda tidak bisa berhenti makan. Selain itu, kalau sudah habis, anda bisa langsung membuat pisang cokelat aroma ini dengan cepat lho. Jadi, tamu-tamu tidak akan kecewa.

Coba: Resep Pisang Coklat 

Arisan pada dasarnya merupakan ajang kumpul rutin untuk menjalin silaturahmi. Jadi, sudah seharusnya para tamu datang dan pulang dengan rasa bahagia bukan? Nah, 8 variasi snack di atas bisa menjadi teman bersilaturahmi yang tepat. Para tamu pun bakalan betah mengobrol lama-lama di arisan anda.