Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Ketika sedang membereskan kulkas, saya menemukan ikan asin jambal roti yang tersembunyi di bagian dalam chiller. Karena jambal roti tersebut masih bagus, saya pun memutuskan untuk mengolahnya sebagai tambahan menu makan malam nanti. Mungkin beberapa dari anda biasa mengolah jambal roti dengan cara digoreng begitu saja dan disajikan dengan sambel.

Memang sih, dengan hanya digoreng pun rasa dari jambal roti sudah sangat nikmat. Dagingnya yang tebal, empuk, dan gurih alami membuat anda berpikir jambal roti tak perlu diolah macam-macam lagi. Padahal sebenarnya, ada banyak menu yang menggunakan ikan asin jambal roti sebagai salah satu bahan utamanya. Tambahan berbagai bumbu dan rempah tentu akan membuat rasa jambal roti semakin nikmat. Apa saja aneka menu makanan nikmat berbahan dasar ikan asin jambal roti tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Jambal roti tumis

Meskipun cara pembuatannya sangat mudah dan sederhana, namun jambal roti tumis yang satu ini bisa dibilang menjadi favorit hampir semua orang. Jambal roti goreng yang ditumis dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabe merah keriting, cabe rawit, saus tiram, dan aneka rempah lainnya membuat rasa dari jambal roti tumis ini sangat nikmat dimakan bersama nasi putih hangat. Dijamin porsi nasi anda akan nambah saking nikmatnya.

2. Jambal roti balado

Jika anda suka makanan dengan bumbu balado, maka jambal roti balado ini wajib anda coba. Cara membuatnya sama seperti balado pada umumnya. Yaitu bumbu halus yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, dan cabe ditumis sampai harum, lalu tambahkan potongan jambal roti. Jika anda ingin rasa dan aroma jambal roti balado anda lebih sedap, anda juga bisa menambahkan air perasan jeruk limau sesaat sebelum kompor dimatikan. Santap selagi jambal roti balado masih hangat.

3. Jambal roti rica-rica

Selama ini, bumbu rica-rica selalu dipasangkan dengan ayam. Lalu bagaimana jika dimasak bersama jambal roti? Ternyata sangat nikmat lho. Paduan antara rasa gurih, asam, dan pedas dari jambal roti rica-rica ini dijamin bisa membuat waktu makan anda menjadi lebih menyenangkan.

4. Jambal roti pedas manis

Bagi anda penyuka makanan bercitarasa pedas manis, nampaknya jambal roti pedas manis ini wajib anda masukkan ke dalam daftar menu makanan sehari-hari. Bagaimana tidak, sensasi asin, gurih, pedas, dan manis dari tumis yang satu ini akan terasa sangat nikmat di lidah anda. Apalagi jika dinikmati bersama nasi hangat, pasti rasanya akan semakin mantap.

5. Tulang jambal cabe

Anda suka sensasi berburu daging diantara tulang belulang yang sedikit berdaging? Tumis tulang jambal cabe pedas ini wajib anda coba. Paduan antara asin dan gurihnya daging jambal dengan pedas dan nikmatnya tumis cabe dan bawang dijamin membuat ketagihan dan makin lahap.

6. Tumis jambal pete

Jika anda bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, coba deh tumis jambal pete. Cukup tumis bersama irisan bawang dan cabe, lalu tambahkan potongan jambal roti dan juga pete. Maka seporsi tumis jambal pete yang rasanya istimewa sudah bisa anda nikmati bersama keluarga.

Itu tadi aneka olahan lezat yang berbahan dasar ikan asin jambal roti. Selain nikmat, menu-menu tersebut juga dijamin bisa membangkitkan selera makan anda. Diantara menu-menu di atas, mana nih yang paling ingin anda coba?

6 Sajian Sedap dari Ikan Asin Jambal Roti yang Harus Dicoba
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3 (60%) 2 votes